Metode bimbingan melalui Mandi Taubat untuk merehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba : Penelitian di Inabah II Putri Pesantren Sirnarasa Ciamis

Rohmah, Silva Arini (2023) Metode bimbingan melalui Mandi Taubat untuk merehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba : Penelitian di Inabah II Putri Pesantren Sirnarasa Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Alasan penelitian ini adalah ingin mengetahui tentang metode bimbingan melalui mandi taubat untuk merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba, guna membuktikan kepada pembaca bahwa ada metode bimbingan untuk merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba selain rehabilitasi secara umum. Karena sebagian masyarakat lebih mengetahui rehabilitasi bisa dilakukan dengan cara medis saja.Namun hal tersebut terbantahkan, karena terdapat juga metode bimbingan dengan pendekatan Islami yaitu melalui mandi taubat guna merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk mengetahui kondisi anak bina, mengetahui proses metode bimbingan melalui mandi taubat untuk merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba, dan untuk mengetahui hasil rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba yang telah dibina dengan metode bimbingan melalui mandi taubat di Inabah II Putri Pesantren Sirnarasa Ciamis. Penelitian ini didasari pada teori metode bimbingan, mandi taubat, rehabilitasi dan penyalahgunaan narkoba. Metode bimbingan adalah proses pemberian bantuan untuk mencapai suatu tujuan yang baik. Mandi taubat merupakan hal paling penting dalam proses penyadaran karena bertujuan membersihkan kotoran dan najis yang menempel ditubuh dan jiwa. Sedangkan rehabilitasi merupakan suatu proses pemulihan terhadap individu agar menjadi lebih baik. Dan penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian salah satu atau beberapa jenis obat dan zat berbahaya secara berkala atau teratur diluar indikasi medis, tanpa pengawasan dokter dan merupakan perbuatan melanggar hukum. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah awal mula anak bina mengkonsumsi narkoba disebabkan oleh beberapa faktor sehingga dampak dari barang haram tersebut menyebabkan kondisi fisik, psikis, sosial dan spiritual anak bina menjadi terganggu. Namun setelah anak bina melakukan rehabilitasi dengan metode bimbingan melalui mandi taubat, manfaat dan hasil yang dirasakan oleh anak bina di Inabah II Putri Pesantren Sirnarasa Ciamis ini adanya rasa penyelasan sehingga anak bina tidak ingin melalukan kembali kesalahan di masa lalu. Perubahan yang signifikan terjadi pada kondisi spiritual anak bina, karena yang tadinya jauh dari Allah menjadi pribadi yang lebih baik dan dekat dengan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan; Mandi Taubat; Rehabilitasi; Narkoba;
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Personal Health, Hygiene > Subtance Abuse, Drug Abuse
Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Silva Arini Rohmah
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:18
Last Modified: 06 Sep 2023 05:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75334

Actions (login required)

View Item View Item