Kurniawan, Aryanda Shelly (2023) Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran akidah akhlak: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design di kelas 4 MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik yang terlihat dari hasil nilai ulangan harian yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 75. Dari 28 siswa kelas 4 terdapat 16 orang siswa dengan nilai di bawah KKM dan 12 orang siswa dengan nilai di atas KKM. Rendahnya pemahaman diduga disebabkan oleh metode dan model pembelajaran yang digunakan guru dengan cara ceramah dan tanya jawab, metode ini kurang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran akidah akhlak di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran VCT, untuk mengetahui pemahaman siswa kelas eksperimen setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran VCT, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT terhadap pemahaman siswa. Kerangka pemikiran penelitian ini yaitu pada awal pembelajaran kedua kelas diberikan soal Pretest lalu setelahnya kelas kontrol belajar menggunakan etode ceramah dan tanya jawab , kelas eksperimen belajar menggunakan model pembelajaran VCT setelah keduanya melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran berbeda maka dilakukanlah Posttest untuk mengetahui pemahaman akhir siswa jika diberikan perlakuan yang berbeda, Adapun hipotesisnya yaitu H0: Tidak ada pengaruh model pembelajaran VCT terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas 4 MIN 2 Kota Bandung. Ha: Terdapat pengaruh model pembelajaran VCT terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas 4 MIN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Kontrol Group Desain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran VCT terhadap pemahaman siswa terlihat dari rata-rata nilai siswa lebih tinggi dari kelas Kontrol yaitu 84.44 berdasarkan uji hipotesis Ha yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran VCT terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas 4 MIN 2 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | value clarification technique; pemahaman; model pembelajaran |
Subjects: | Education Education > Miscellany of Education Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aryanda Shelly Kurniawan |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:35 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75609 |
Actions (login required)
View Item |