Pengaruh Zoom Fatigue terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan metode pembelajaran daring

Maharani, Mardiana Shafiah (2023) Pengaruh Zoom Fatigue terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan metode pembelajaran daring. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Zoom Fatigue terhadap Motivasi Belajar mahasiswa dengan metode pembelajaran daring di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Zoom Fatigue merupakan kelelahan zoom yang terjadi pada pengguna platform video conference. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis menggunakan uji regresi linear sederhana menggunakan software IBM statistic ver 25 dengan subjek penelitian berasal dari seluruh fakultas angkatan 2019 dan 2020 yang pernah mengikuti metode pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukan bahwa Zoom Fatigue tidak berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar yang dialami oleh para mahasiswa saat pembelajaran daring dengan nilai signifikansi yaitu 0.123 > 0.050 dan didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 137.494 – 0.103 yang artinya menunjukan arah yang negatif dari kedua variabel. Berdasarkan hal tersebut maka Zoom Fatigue yang dirasakan tidak mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki oleh mahasiswa selama pembelajaran daring berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zoom Fatigue; Video Conference; Motivasi Belajar; Pembelajaran Daring
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mardiana Shafiah Maharani
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:01
Last Modified: 07 Sep 2023 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75847

Actions (login required)

View Item View Item