Fauziah, Tia Nur (2023) Pengembangan bahan ajar modul berbasis Literasi Numerasi untuk pembelajaran matematika di kelas V : Penelian R&D, melakukan pengembangan bahan ajar modul yang berbasis Literasi Numerasi pada pembelajaran di kelas V. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
Abstract
Literasi numerasi adalah salah satu literasi yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Salah satu hal yang dapat mendukung guru mengintegrasikan literasi numerasi dalam kegiatan belajar matematika adalah dengan mengembangkan bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan bentuk bahan ajar modul berbasis literasi numerasi yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika di kelas V melalui materi perbandingan dan skala; 2) mendeskripsikan hasil uji validitas bahan ajar modul berbasis literasi numerasi untuk pembelajaran matematika di kelas V melalui materi perbandingan dan skala; dan 3) mendeskripsikan respons peserta didik setelah menggunakan bahan ajar modul berbasis literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi, yang menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah R&D (research & development) dan menggunakan langkah penelitian yang dikemukakan oleh Richey and Klein yaitu Planning, Production, Evaluation (PPE). Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Cikudayasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli yaitu ahli materi, bahasa, media, dan guru kelas V. Kemudian angket respon siswa setelah penggunaan bahan ajar modul. Terakhir adalah lembar wawancara guru dan siswa. Tahapan pengembangan bahan ajar modul menggunakan tiga tahap menurut Richey and Klein dilakukan dengan baik dan teratur. Hasil uji validasi aspek kelayakan isi mendapat skor 75%, aspek kebahasaan mendapat skor 81%, aspek kegrafikan mendapat skor 92%, aspek penyajian mendapart skor 92%, respons guru kelas mendapat skor 99% dan seluruh respons siswa mendapat skor 81%. Seluruh hasil uji validasi dari empat validator masuk pada kriteria "Layak" atau "Sangat Layak". Skor seluruh respon siswa setelah menggunakan modul mendapat skor dengan keterangan “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar “Layak” untuk diujicobakan dalam kelompok atau skala besar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Modul; Numerasi; |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Fauziah Tia |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 03:16 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75887 |
Actions (login required)
View Item |