Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran dalam bentuk Diskon pada jual beli berbasis Online : Studi kasus di Marketplace Shopee

Bunda, Ananda Ayu Permata (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran dalam bentuk Diskon pada jual beli berbasis Online : Studi kasus di Marketplace Shopee. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Prinsip jual beli adalah transaksi yang menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi pelaku berdasarkan nilai-nilai ketuhanan, etika, kemanusiaan, dan keseimbangan. Keuntungan bagi penjual ditentukan oleh jumlah barang yang terjual. Berbagai cara digunakan untuk mempengaruhi pembeli agar membeli barangnya, termasuk strategi promosi diskon. Namun, terkadang pembeli yang memiliki patokan harga (references price) menyadari bahwa harga awal barang yang didiskon telah dinaikkan terlebih dahulu sebelum diskon diberikan. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam bentuk diskon pada pelaksanaan jual beli berbasis online dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap strategi diskon dalam transaksi jual beli berbasis online, dangan fokus pada studi kasus di marketplace shopee. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan beberapa penjual yang menggunakan strategi diskon dalam berjualan di Shopee. Data sekunder diperoleh dari literatur terkait hukum ekonomi syariah, serta kebijakan dan aturan dari Shopee terkait strategi diskon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Strategi Diskon; Shopee
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ananda Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:50
Last Modified: 07 Sep 2023 08:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75903

Actions (login required)

View Item View Item