Firyalda, Adinda Saskia (2023) Tanggapan siswa terhadap sikap profesionalisme guru hubungannya dengan kepedulian sosial mereka : Penelitian korelasional pada siswa kelas VIII SMP Assalam Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap profesionalisme yang telah dilakukan guru secara maksimal yaitu menunjukan kepedulian dan kebaikan terhadap siswa seperti menanyakan kabar, memberi perhatian yang lebih, memberi nasihat, mengungkapkan perasaan secara terbuka kepada siswa, serta bersedia berbagi emosi dan perasaan (antusiasme, kasih sayang, kesabaran, kesedihan dan ketidaksetujuan). Namun peneliti melihat masih banyak siswa yang tidak terbuka dengan guru lalu kurangnya rasa percaya mereka terhadap guru serta sikap siswa yang acuh dan tidak peduli ketika teman memiliki kesulitan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) tanggapan siswa kelas VIII SMP Assalam Kota Bandung terhadap sikap profesionalisme guru pada pembelajaran PAI, (2) kepedulian sosial siswa kelas VIII, dan (3) hubungan antara sikap siswa kelas VIII terhadap sikap profesionalisme guru pada pembelajaran PAI dengan kepedulian sosial mereka. Penelitian ini berdasarkan pada teori yang mengatakan bahwa profesionalisme guru dalam pembelajaran agama islam merupakan salah satu faktor terciptanya internalisasi dalam penanaman karakter kepedulian. Hal tersebut diperlukan sebagai salah satu usaha pembentukan karakter kepedulian siswa karena menurut Ramayulis guru yang memiliki sikap profesional yang baik, seperti keterlibatan dalam proses belajar-mengajar, memahami kebutuhan siswa, dan mendemonstrasikan perhatian terhadap perkembangan pribadi siswa, akan mendorong terciptanya hubungan positif antara guru dan siswa. Hal ini dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap pembelajaran dan menghasilkan lingkungan yang mendukung serta prestasi akademik yang lebih baik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu : Analisis Parsial dan Analisis Korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan diperolehnya : (1) Bagaimana tanggapan siswa terhadap sikap profesionalisme guru ? tanggapan siswa kelas VIII SMP Assalam Kota Bandung terhadap sikap profesionalisme guru pada pembelajaran PAI berkategori positif dengan skor 3,91 yang berada pada interval 3,40-4,19 , (2) Bagaimana kepedulian sosial siswa? kepedulian sosial siswa kelas VIII SMP Assalam Kota Bandung berkategori tinggi dengan skor akhir 3,98 berada pada interval 3,40-4,19 , dan (3) sejauh mana hubungan tanggapan siswa terhadap sikap profesionalisme guru dengan kepedulian sosial mereka? hubungan tanggapan siswa terhadap sikap profesionalisme guru pada pembelajaran PAI dengan kepedulian sosial siswa kelas VIII SMP Assalam Kota Bandung (a) koefisien korelasinya berkategori kuat (0,749) yang berada pada interval 0,60-0,799. (b) hipotesisinya menunjukan bahwa thitung (5,536) > ttabel (2,064). Artinya semakin positif tanggapan siswa terhadap sikap profesionalisme guru pada pembelajaran PAI maka semakin tinggi pula kepedulian sosial mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Profesionalisme Guru; Tanggapan Siswa; Pembelajaran PAI; Kepedulian Sosial |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | adinda saskia firyalda |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 05:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 05:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76177 |
Actions (login required)
View Item |