Trinasari, Laras Meila (2023) Layanan bimbingan dan konseling karir Islami untuk mengembangkan potensi diri dan rencana karir siswa kelas XII : Penelitian di SMA Negeri 1 Singaparna Jalan Perikanan Darat Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
Cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu permasalahan yang sering dialami siswa yaitu belum memahami dan mengembangkan potensi dirinya sendiri. Mereka masih kesulitan dalam menentukan karir pilihannya. Setiap manusia memiliki potensi diri yang dibawanya sejak lahir, namun tidak semua orang bisa mengembangkan potensi dirinya. Oleh karena itu, untuk membantu, memahami, dan mengembangkan potensi diri diperlukan layanan bimbingan dan konseling karir Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi diri siswa kelas XII, proses layanan bimbingan karir Islami untuk mengembangkan potensi diri siswa kelas XII, dan proses layanan konseling karir Islami dalam pengambilan keputusan rencana karir siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Singaparna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan menggunakan prinsip dasar paradigma konstuktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan secara natural hal-hal yang terkait dengan layanan bimbingan dan konseling karir Islami dalam mengembangkan potensi diri dan rencana karir siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Singaparna berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Layanan bimbingan dan karir Islami ialah salah satu cara untuk mengembangkan potensi diri siswa. Layanan bimbingan dan konseling karir Islam merupakan layanan yang membantu siswa dalam proses mengembangkan potensi diri dan pengambilan keputusan rencana karirnya selaras dengan ketentuan dan perintah Alloh SWT agar mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis, bahwa potensi diri kelas XII SMA Negeri 1 Singaparna bahwa potensi diri siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Singaparna sangat beragam dan sudah dikembangkan sesuai dengan pengembangan potensi diri yang sesungguhnya karena telah adanya kesesuaian antara potensi diri siswa kelas XII dengan teori yang diungkapkan oleh para ahli mengenai potensi diri. (2) Berdasarkan hasil analisis bahwa proses layanan bimbingan karir Islami untuk mengembangkan potensi diri dan rencana karir siswa kelas XII sudah sesuai dengan layanan bimbingan dan konseling karir yang sesungguhnya karena telah adanya kesesuaian dengan teori yang diungkapkan oleh para ahli mengenai layanan bimbingan dan konseling karir. (3) Berdasarkan hasil analisis, bahwa proses layanan konseling karir Islami dalam pengambilan keputusan rencana karir siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Singaparna meliputi tahap attending, responding, personalizing, dan initiating. Serta sudah sesuai dengan layanan konseling karir Islami yang sesungguhnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dan Konseling Karir; Islami; Potensi; Rencana |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Laras Meila Trinasari |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76208 |
Actions (login required)
View Item |