Amalia, Dini Pratami (2021) Hubungan antara aktivitas bermain Maze dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 : Penelitian di kelompok A RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan bahwasanya penggunaan permainan maze yang sudah efektif, namun dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 di kelompok A RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung yang tergolong masih rendah. Fenomena ini menunjukan adanya kesenjangan antara aktivitas bermain maze dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini dilaksanakan di RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung pada anak kelompok A yang berjumlah 23 orang anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas bermain maze di kelompok A RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung; 2) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 di kelompok A RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung; 3) Hubungan antara aktivitas bermain maze dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 di kelompok A RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung. Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah aktivitas bermain maze. Bermain maze adalah permainan yang menyenangkan yang dapat merangsang imajinasi serta keterampilan anak. Bermain maze sangat erat kaitannya dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 karena kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak sejak usia dini untuk mengenal hal-hal penting dalam kehidupannya sehari-hari khususnya yang berhubungan dengan bilangan seperti nama, urutan, lambang, jumlah yang berkaitan dengan banyaknya benda nyata, model mainan, ucapan dan simbol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mana datanya berupa angka-angka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan observasi dan dokumentasi dengan jumlah responden 23 anak. keabsahan data dianalisis secara deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas bermain maze berada pada kategori baik dengan nilai 79 berada pada interval 70-79 dan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pun berada pada kategori baik dengan nilai 74 berada pada interval 70-79. Terdapat pula hubungan yang signifikan antara aktivitas bermain maze dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 di kelompok A RA Persis 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung, dengan hubungan yang kuat atau tinggi pada harga korelasi 0,695 yang berada pada interval 0,600-0,799. Kontribusi yang diberikan aktivitas bermain maze terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 yaitu sebesar 29% dan sisanya 71% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas bermain maze memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10, karena mampu meningkat sekitar 29%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas bermain Maze; Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10; Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Dini Pratami Amalia |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 06:42 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/7633 |
Actions (login required)
View Item |