Labibah, Lulu Maisun (2023) Peran pembimbing tahfidz dalam memotivasi santri untuk memelihara Al Quran: Penelitian di Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah memiliki fokus utama dalam membina santri untuk menjadi hafidz dan hafidzah Al-Quran. Berdasarkan data yang peneliti peroleh dari Ustadzah Nita Nurlatifah selaku pembimbing tahfidz diketahui bahwa santri Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah kesulitan dalam memelihara hafalan Al-Qurannya sehingga perlu nya bimbingan ekstra dari para pembimbing Tahfidz.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan, secara alami tentang situasi bimbingan tahfidz di Pondok pesantren Islam Hidayatunnajah, diantaranya : 1. Untuk mengetahui Tugas pokok dan fungsi pembimbing tahfidz di Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah. 2. Untuk mengetahui Upaya yang diberikan pembimbing tahfidz dalam meningkatkan hapalan Al-Quran santri di Pondok Pesantren Islam Hidayatunajah agar tetap terjaga. 3. Untuk mengetahui hasil dari motivasi yang diberikan pada santri di Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah.Dr. Mar'i Al-Qudsy mengartikan Peranan pembimbing tahfidz merupakan figur dan penyemangat bagi para santri dalam menghadapi tantangan dan kesulitan selama proses menghafal Al-Quran. Mereka membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dukungan moral untuk meningkatkan semangat dan dedikasi santri dalam menghafal Al-Quran agar dapat mencapai tujuan yang optimal. Dalam penelitian ini digunakan metodologi penelitian pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Agar memperoleh informasi yang tepat dan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat, pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Jenis pendekatan yang digunakan peneliti adalah studi kasus, yang merupakan penelitian mendalam tentang individu, kelompok, organisasi, atau program kegiatan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa santri-santri Hidayatunnajah menunjukan peningkatan yang baik, hal ini tidak terlepas dari adanya peran pembimbing didalamnya, yang mana hal itu dapat mewujudkannya Santri yang hafal Al-Quran dan Mutqin 30 juz. Hal ini dapat dibuktikan dari jawaban wawancara para santri akan pentingnya peran pembimbing atas ketercapaian hafalan. Dengan membangun generasi Qurani, salah satunya diawali dengan membangun para pembimbing tahfidz yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pembimbing; Motivasi; Memelihara hafalan; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | maisun lulu lulu |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76426 |
Actions (login required)
View Item |