Pesan dakwah tema buku Self Help dalam pengembangan dakwah di komunitas Pola Pertolongan Allah Kota Tasikmalaya: Analisis wacana kritis Teun Van Dijk pada buku “menjadi hamba” sebagai materi pokok komunitas Pola Pertolongan Allah

Hidayah, Nur Azizah (2023) Pesan dakwah tema buku Self Help dalam pengembangan dakwah di komunitas Pola Pertolongan Allah Kota Tasikmalaya: Analisis wacana kritis Teun Van Dijk pada buku “menjadi hamba” sebagai materi pokok komunitas Pola Pertolongan Allah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, penyampaian pesan keislaman dalam berbagai bentuk muncul dalam realitas masyarakat, hal ini terjadi akibat adanya kemajuan teknologi yang mampu menjadi alat dalam menunjang berbagai kegiatan dakwah. Melihat peluang tersebut PPA Institue merilis buku sebagai media literasi materi pokok komunitas PPA guna memperluas penyebaran pesan keislaman pada seluruh kalangan. Maka dari itu perlu adanya media dakwah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kalangan mad’u melalui dunia cetak. Penelitan ini menganalisis sebuah teks wacana yang ada pada teks, serta didukung dalam faktor kognisi sosial dan konteks sosial. Dengan menggunakan teori Analisis Wacana Kritis oleh Teun Van Dijk pada buku "Menjadi Hamba" karya Sonny Abi Kim mengandung banyak wacana kritis yang menarik minat pembaca dan menjadikannya buku motivasi tema self help menjadi list para pembaca. Penulis ingin mengetahui bagaimana struktur teks, kognisi sosial dan konteks sosial yang terdapat dalam sebuah buku bertema self help dalam pengembangan dakwah dikomunitas PPA Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Van Dijk dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku “Menjadi Hamba” menggunakan analisis struktur teks dalam menyampaikan pesan dakwah melalui catatan perjalanan, yang dikategorikan sebagai buku pengembangan diri. Penelitian juga fokus pada kognisi sosial, dengan melibatkan pandangan anggota komunitas PPA Kota Tasikmalaya. Selain itu, pesan dalam buku Sonny dipengaruhi oleh konteks sosial komunitas tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembaca memahami bagaimana wacana diproduksi, dikonstruksikan, dan dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial dalam masyarakat. Beberapa aspek yang diperhatikan dalam analisis konteks sosial termasuk kondisi sosial komunitas, norma dan nilai sosial, serta representasi dan stereotipe. Dalam analisis kognisisosial terhadap buku "Menjadi Hamba". Maka kesimpulan pesan yang terkandung dalam buku memberikan hasil yang baik dari strukteks buku, baik dalam kognisi sosial komunitas, ataupun konteks sosial keduanya.. Buku ini memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman tentang hubungan antara individu dan masyarakat dalam komunitas tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Buku Self Help; Analisis Wacana
Subjects: Religious Education
Islam > Serial Publications of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Azizah Hidayah
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:05
Last Modified: 12 Sep 2023 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76626

Actions (login required)

View Item View Item