Gustianis, Rini (2023) Bimbingan teknik Assertive Training pendekatan religius pada siswa yang kurang percaya diri di SMPN 20 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
Manusia dilahirkan memiliki berbagai potensi yang perlu dimaksimalkan dan disyukuri dengan potensi itu kita bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri manusia. Seringkali hanya berfokus kepada kekurangan dan tanpa melihat kelebihan yang di miliki diri sendiri Bimbingan Teknik Assertive Training Pendekatan Religius ini diperlukan pembimbing yang kompeten, dengan adanya bimbingan diharapkan siswa dapat mengenal dirinya, berakhlak baik (beraklakul karimah), menyadari setiap potensi yang di miliki dan menyadari eksistensi dan fungsi diciptakannya ia sebagai hamba Allah SWT melalui pedekatan religious. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Karakteristik Siswa dalam Proses pelaksanan program Bimbingan Teknik Assertive Training Pendekatan Religius di SMP Negeri 20 Bandung, (2) Proses pelaksanan program Bimbingan Teknik Assertive Training Pendekatan Religius di SMP Negeri 20 Bandung, (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam memberikan Bimbingan Teknik Assertive Training Pendekatan Religius di SMP Negeri 20 Bandung, (4) Hasil yang Dicapai Melalui Bimbingan Teknik Assertive Training Pendekatan Religius Negeri 20 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMPN 20 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Karakteristik perilaku siswa SMPN 20 Bandung sangat beragam terdapat siswa yang bersemangat adapun siswa yang malas mengikuti kegiatan faktor pendukung dan penghambat dalam proses bimbingan yaitu lingkungan pergaualan maupun lingkuangan keluarga (2) Pelaksanan program Bimbingan Teknik Assertive Training Pendekatan Religius yaitu dilaksanakan oleh pembimbing yang sudah ditetapkan jadwalnya dalam tiga tahapan yaitu pembukaan, pembimbing membuka kegiatan bimbingan dengan do’a, kemudian kegiatan inti, pembimbing memberikan materi dan pembimbing menutup kegiatan bimbingan (3) Hasil yang dicapai melalui bimbingan yaitu kegiatan pembiasaan, uswatun hasanah dan internalisasi serta adaynya perubahan pada siswa yang sudah mulai percaya diri dalam proses perkembangan dirinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Assertive; Religius; Percaya Diri |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rini Guatianis |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 10:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 10:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76630 |
Actions (login required)
View Item |