Kontribusi Yayasan Frekuensi Indonesia terhadap perubahan sosial masyarakat di Desa Tanjungwangi: Studi tentang Program SMP Djuantika Pada Masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka

Larasati, Nafilah Fatimah (2023) Kontribusi Yayasan Frekuensi Indonesia terhadap perubahan sosial masyarakat di Desa Tanjungwangi: Studi tentang Program SMP Djuantika Pada Masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya akses fasilitas pendidikan di Desa Tanjungwangi, yang menyebabkan banyak anak-anak di Desa Tanjungwangi mengalami kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat menengah setelah lulus sekolah dasar. Hadirnya kontribusi Yayasan Frekuensi Indonesia melalui program SMP Djuantika membawa perubahan terhadap pendidikan masyarakat Desa Tanjungwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerimaan kehadiran SMP Djuantika oleh masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka. Untuk mengetahui dampak keberadaan SMP Djuantika terhadap perubahan pendidikan masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran sosial George C. Homans. Homans menyatakan bahwa dalam interaksi sosial, individu atau kelompok akan cenderung melakukan tindakan yang memberikan reward (imbalan) yang lebih besar daripada cost (biaya) yang harus mereka keluarkan. Dalam penelitian ini untuk mengetahui kontribusi Yayasan Frekuensi Indonesia terhadap masyarakat di Desa Tanjungwangi melalui program SMP Djuantika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk melihat pendidikan masyarakat Desa Tanjungwangi dan metode deskriptif untuk mendeskripsikan hasil penelitian kontribusi Yayasan Frekuensi Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi kepada pengelola Yayasan Frekuensi Indonesia, Kepala sekolah SMP Djuantika, peserta didik SMP Djuantika, dan masyarakat Desa Tanjungwangi dengan pemilihan informan melalui purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertibangan dan kategori tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertukaran terjadi antara Yayasan Frekuensi Indonesia dan masyarakat Desa Tanjungwangi. Dimana masyarakat mendapatkan cost dan reward. Cost masyarakat berupa sulitnya akses pendidikan, belum terbuka pemikiran mengenai pentingnya pendidikan, maraknya pernikahan dini. Reward dari hasil kontribusi Yayasan Frekuensi Indonesia adalah minat terhadap pendidikan meningkat, pernikahan dini jarang terjadi, perubahan pada kesadaran/partisipasi masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, perubahan pada lingkungan masyarakat. Pertukaran dalam pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Frekuensi Indonesia memberikan pengaruh terhadap akses pendidikan di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Perubahan Sosial; Yayasan Frekuensi Indonesia; SMP Djuantika
Subjects: Social Process > Social Change
Education > Sociology of Education
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nafilah Fatimah Larasati
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:08
Last Modified: 12 Sep 2023 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76884

Actions (login required)

View Item View Item