Ihsan, Muhammad (2023) Hubungan sikap qana’ah dengan stres akademik: Studi korelasional kepada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2022 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang umum dialami oleh mahasiswa tahun pertama perkuliahan yaitu stres akademik. Stres akademik merupakan stres yang biasa terjadi di lingkungan akademik yang biasanya diakibatkan oleh ketidakmampuan individu dalam menghadapi berbagai macam tuntutan dan tekanan akademik yang dialaminya. Oleh karena itu, bagi mahasiswa perlu adanya upaya untuk membentengi diri agar dapat terhindar dari stres, yaitu dengan menanamkan sikap qana’ah dalam dirinya. Dengan qana’ah individu dapat menerima apapun yang telah ditetapkan oleh Allah kepada dirinya meskipun itu adalah ketetapan yang tidak disukai sekalipun. Sehingga orang yang qana’ah tidak akan mudah mengalami stres karena ia mampu menerima apapun keadaan dirinya, dan akan mudah terhindar dari tekanan yang diakibatkan oleh tuntutannya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat stres akademik pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun angkatan 2022. Untuk mengetahui gambaran sikap qana’ah pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun angkatan 2022. Dan Untuk mengetahui hubungan antara sikap qana’ah dengan stres akademik pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun angkatan 2022. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan tahun 2022, dengan jumlah sampel sebayak 48 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji korelasi, bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan sikap qana’ah dengan stres akademik mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun angkatan 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukan gambaran tingkat stres akademik mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2022 UIN Sunan Gunung Djati Bandung rata-rata berada dalam kategori yang sedang. Artinya para mahasiswa sudah cukup baik dalam mengelola tuntutan yang dialaminya selama kegiatan perkuliahannya. Adapun pada gambaran qana’ah mahasiswa juga berada pada tingkat qana’ah yang sedang, artinya para mahasiswa sudah cukup memahami dan menerapkan qana’ah dalam diri mereka masing-masing. Hubungan qana’ah dan stres akademik adalah bersifat negatif, hubungan yang negatif di sini berarti semakin semakin tinggi qana’ah maka semakin rendah stres akademik atau sebaliknya semakin rendah qana’ah maka semakin tinggi stres akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akademik; Stres; Qana’ah |
Subjects: | Spiritual Beings Physiology Medicine and Health |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Muhammad Ihsan |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:00 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76934 |
Actions (login required)
View Item |