Wahid, Solahudin (2023) Pengaruh bimbingan Hifdzil Qur'an (BHQ) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini, dilatarbelakangi dari hasil belajar kognitif siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM sebanyak 30% dari 185 siswa. Nilai ini dilihat dari hasil UAS siswa pada Mata pelajaran PAI. sedangkan di SMA muhammadiyah 4 kota bandung ini sudah melakukan kegiatan bimbingan hifdzil Qur’an yang semsetinya bisa meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran PAI. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui sebesar mana pengaruh bimbingan hifdzil Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bimbingan Hifdzil Qur’an (BHQ) dikelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung , 2) Hasil belajar Kognitif siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung, 3) seberapa jauh Pengaruh Bimbingan Hifdzil Qur’an (BHQ) terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa kelas XI Pada Mata pelajaran PAI SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Penelitian ini, berdasarkan dengan pemikiran bahwa seringnya siswa mengikuti kegiatan bimbingan hifdzil Qur’an akan meningkatakan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI. oleh karena itu, hipotesis yang digunakan adanya pengaruh yang signifikan dari Bimbingan Hifdzil Qur’an (BHQ) terhadap Hasil belajar Kognitif Siswa Pada Mata pelajaran PAI kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Pendekatan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuntitatif dengan metode penelitian korelasional. Adapun alat pengumpulan data utama yang digunakan yaitu berupa angket dan tes pilihan ganda. Sementara itu sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa yang diambil dari kelas XI. Dan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis per indikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan : 1) Realitas bimbingan hifzil Qur’an kelas XI termasuk ke dalam kategori baik dengan rata-rata skor 4,13 dan berada pada interval 3,40-4,19. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada pelajaran PAI termasuk kedalam kategori baik dengan rata-rata 79,89 dan berada pada interval 70-79, 3) 3. Pengaruh Bimbingan Hifdzil Qur’an (BHQ) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada pelajaran PAI termasuk kedalam kategori lemah tapi pasi karena berada diinterval 5-16% dengan nilai diterminasi sebesar 0,132 atau 13,2%. Sementara itu hasil dari signifikansi menunjukan bahwasanya nilai thitung > ttabel, (2.620> 1.679), maka dengan ini hipotesis diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara Bimbingan Hifdzil Qur’an (BHQ) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan hifdzil Qur'an; hasil belajar kognitif; Pembelajaran PAI |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Solahudin Wahid |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 01:47 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 01:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76977 |
Actions (login required)
View Item |