Fungsi Himpunan Mahasiswa Alumni Yaspia (HIMAPI) dalam peningkatan minat pada pendidikan tinggi : Studi pada siswa/siswi Madrasah Aliyah Al Baqiyatussholihat Kabupaten Bekasi

Wahyudin, Muhammad Rizky (2023) Fungsi Himpunan Mahasiswa Alumni Yaspia (HIMAPI) dalam peningkatan minat pada pendidikan tinggi : Studi pada siswa/siswi Madrasah Aliyah Al Baqiyatussholihat Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Peralihan status siswa menjadi mahasiswa membawa tanggung jawab besar, memerlukan perubahan pola pikir, dan membangun kepemimpinan serta kritisisme dalam masyarakat. Mahasiswa alumni dari Yayasan Pendidikan Islam AlBaqiyatussholihat (YASPIA) mendirikan Himpunan Mahasiswa Alumni Yaspia (HIMAPI) dengan tujuan menggalang hubungan, memajukan keilmuan, dan membimbing minat belajar ke Perguruan Tinggi serta mengedukasi siswa Madrasah Aliyah Al-Baqiyatussholihat melalui program Himapi Goes To School (HGTS) agar lebih siap melanjutkan pendidikan. Meski telah berjalan sejak 2015, HGTS menghadapi kendala partisipasi, evaluasi kinerja, efektivitas program, dan komunikasi anggota HIMAPI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme struktural Robert K Merton. Teori ini memandang masyarakat sebagai organisme yang terdiri dari bagian-bagian. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Merton membedakan fungsi menjadi fungsi manifest (direncanakan) dan fungsi laten (tidak direncanakan). Masyarakat adalah bagian-bagian yang bekerjasama untuk menjaga stabilitas dan keberlangsungan hidup. Jika suatu bagian tidak berfungsi dengan baik, maka akan ada reaksi yang merugikan masyarakat. Struktural fungsional Robert K Merton ini memiliki dimensi penting yaitu fungsi, fungsi manifes, fungsi laten, dis-fungsi dan non-fungsi. Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis peran HIMAPI dalam menumbuhkan minat pendidikan tinggi siswa Madrasah Aliyah AlBaqiyatussholihat. (2) Mengkaji proses kegiatan HGTS di Madrasah Aliyah Al Baqiyatussholihat dalam meningkatkan minat pendidikan tinggi siswa. (3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya HIMAPI menumbuhkan minat pendidikan tinggi siswa Madrasah Aliyah AlBaqiyatussholihat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi; HIMAPI; Pendidikan Tinggi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Rizky Wahyudin
Date Deposited: 13 Sep 2023 00:47
Last Modified: 13 Sep 2023 03:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77054

Actions (login required)

View Item View Item