Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) untuk analisis sentimen pengguna aplikasi Tokopedia

Lillah, M. Rival Ridautal (2023) Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) untuk analisis sentimen pengguna aplikasi Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna aplikasi Tokopedia di platform Play Store dan App Store menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN). Metodologi penelitian mengadopsi pendekatan CRISP-DM, terdiri dari 5 tahap yaitu Business Understanding, Data Understanding, Data Preparation, Modeling, dan Evaluation. Tahap Business Understanding mengidentifikasi fokus pada peningkatan kualitas layanan dan pemahaman pelanggan terhadap Tokopedia. Data dari 1000 komentar Play Store dan 1000 komentar App Store dipilih sebagai sampel utama, dengan dua label sentimen yaitu positif dan negatif. Pada tahap Data Preparation, data diolah dengan casefolding, cleansing, tokenization,normalisasi, penghapusan stopwords, stemming, dan perhitungan nilai TF-IDF. Tahap Modeling mengeksplorasi hasil prediksi sentimen menggunakan KNN. Eksperimen dengan dataset Play Store menghasilkan variasi performa tergantung pada pembagian data. Skema 80:20 memiliki akurasi tertinggi 0,905. Evaluasi pada dataset App Store menunjukkan konsistensi performa model, dengan skema 90:10 dan 80:20 memiliki akurasi tertinggi masing-masing 0,9 dan 0,88. Perubahan nilai K dan proposisi data dari algoritma KNN ini mempengaruhi nilai akurasi dari tiap eksperimen. Hasil prediksi menunjukkan bahwa terdapat 89,2% prediksi label positif dan 10,8% prediksi label negatif untuk dataset play store. Adapun hasil prediksi pada dataset app store menunjukkan terdapat 97,0% prediksi label positif dan hanya 3,0% prediksi label negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: K-Nearest Neighbor (KNN); analisis sentimen; aplikasi Tokopedia; CRISP-DM; akurasi prediksi;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: M. Rival Ridautal Lillah
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:42
Last Modified: 13 Sep 2023 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77056

Actions (login required)

View Item View Item