Strategi pendistribusian berita media online IDN Times melalui konten Twitter: Studi kasus pada akun Twitter @IDNTimes

Herawan, Retna Gemilang Chairunnissa (2023) Strategi pendistribusian berita media online IDN Times melalui konten Twitter: Studi kasus pada akun Twitter @IDNTimes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Kini media sosial bukan hanya berperan sebagai alat berkomunikasi saja, melainkan juga turut berperan penting sebagai sumber informasi pada proses kegiatan jurnalistik. Salah satunya media sosial Twitter yang dimanfaatkan sebagai alat mendistribusikan berita online demi bisa menjangkau khalayak sebanyak mungkin. Dengan alur kecepatan informasi yang terjadi di Twitter, banyak akhirnya lembaga media yang menjadikan Twitter sebagai salah satu alternatif pendistribusian berita. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendistribusian berita melalui konten Twitter yang dilakukan oleh media online IDN Times. Penelitian ini berusaha mencari jawaban atas tiga pertanyaan yang dijelaskan dalam rumusan penelitian, yakni: (1) Bagaimana perancangan IDN Times dalam merekonstruksi elemen media sosial Twitter sebagai inovasi pendistribusian berita di era maraknya media baru?; (2) Bagaimana strategi dalam penyajian berita online yang dilakukan oleh IDN Times dalam mendistribusikan berita melalui konten Twitter?; (3) Bagaimana pendekatan yang dilakukan oleh IDN Times agar akun Twitter @IDNTimes banyak dijadikan media alternatif diikuti oleh followers. Teori yang digunakan ialah Teori Strategi Media Sosial yang dicanangkan oleh Asep Syamsul M. Romli. Dijelaskan bahwa strategi media sosial mencakup listening & research, mapping, giving, engagement, update, reward, profile, widget, networkedblogs, manfaatkan Yahoo Answer, don’t annoy your followers, stay humble, be personal, lakukan copy darat, dan diskusi bukan promosi. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus dengan paradigma konstruktivisme. Data didapatkan dari data primer melalui wawancara mendalam dengan tiga informan dari IDN Times dan mengobservasi konten serta akun Twitter @IDNTimes secara online. Hasil penelitian yang didapatkan ialah: 1) Tim Media Sosial IDN Times telah melakukan perencanaan yang terdiri dari listening & research, mapping, profile, dan widget; 2) Proses penyajian distribusi berita melalui konten Twitter @IDNTimes telah sesuai dengan strategi giving, engagement, update, reward, be personal, stay humble, meski networkedblogs tidak dipakai dan menggunakan alternatif aplikasi lainnya; 3) Tim Media Sosial IDN Times melakukan komunikasi dua arah dengan cara don’t annoy your followers dan diskusi bukan promosi, tetapi tidak melakukan copy darat dan memanfaatkan Yahoo Answer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: IDN Times; Strategi Media Sosial; Konten Twitter; Distribusi Berita.
Subjects: Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Retna Gemilang
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:06
Last Modified: 13 Sep 2023 01:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77092

Actions (login required)

View Item View Item