Pengaruh pupuk daun terhadap pertumbuhan berbagai macam jenis eksplan tanaman hias Philodendron Florida Beauty secara in vitro

Septiani, Elsa Dwi (2023) Pengaruh pupuk daun terhadap pertumbuhan berbagai macam jenis eksplan tanaman hias Philodendron Florida Beauty secara in vitro. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Tanaman Philodendron florida beauty adalah tanaman hias dengan nilai ekonomi tinggi karena memiliki ciri variegata yang menarik dan langka. Metode perbanyakan konvensional memerlukan waktu yang lama, tenaga intensif, dan menghasilkan hasil yang tidak memuaskan untuk produksi massal bibit, karena setiap stek hanya menghasilkan satu tanaman baru, sehingga memerlukan waktu dan usaha lebih banyak untuk menghasilkan jumlah bibit yang memadai. Oleh karena itu, teknologi perbanyakan tanaman modern secara in vitro, yang dapat menghasilkan bibit berkualitas tinggi dalam jumlah besar dengan kondisi yang sehat dan seragam. Kultur in vitro merupakan perbanyakan dengan mengisolasi bagian tanaman secara aseptis pada media yang terkandung hara makro dan mikro. Media yang biasa digunakan dalam kultur in vitro adalah Murashige & Skoog (MS), tetapi harganya yang relatif mahal. Sehingga penggunaan pupuk daun dapat menjadi sumber nutrisi untuk pertumbuhan eksplan sebagai alternatif media kultur in vitro yang lebih murah. Selain itu, pemilihan jenis eksplan yang tepat sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam kultur in vitro. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari Januari-Juli 2023. Penelitian ini menganalisis penggunaan media alternatif pupuk daun Growmore yang terdiri dari 1 g L-1, 1,5 g L-1, 2 g L-1, 2,5 g L-1, dan 3 g L-1 yang dibandingkan dengan media kontrol MS, terhadap bahan eksplan dari ekspan batang dan eksplan daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk daun berpengaruh terhadap pertumbuhan eksplan tanaman hias Philodendron florida beauty dan eksplan yang memiliki kemampuan lebih baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan adalah eksplan yang berasal dari batang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Hanya diizinkan upload cover, abstrak, daftar isi oleh program studi
Uncontrolled Keywords: Philodendron florida beauty; pupuk daun; growmore; eksplan; in vitro;
Subjects: Physiology > Tissue Culture
Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Garden Crops, Horticulture, Vegetables > Flower and Ornamental Plants Propagated
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Elsa Dwi Septiani
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:24
Last Modified: 13 Sep 2023 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77139

Actions (login required)

View Item View Item