Jannah, Malikhatul (2023) Pengaruh model pembelajaran Concept Attainment berbantu Quizizz terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPA. Biasanya hanya diberikan tugas untuk belajar, membaca LKS dan hanya guru yang berbicara, sehingga kurangnya keingintahuan peserta didik dan merasa bosan dikelas. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis hasil belajar kognitif peserta didik dan pengaruh model Concept Attainment berbantu Quizizz terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi serta mendeskripsikan respon peserta didik. Metode yang digunakan yakni metode Quasi Eksperiment dengan desain Non-equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sumber dan sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas VIII H dan VIII I. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes (pretest dan posttest) serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik memperoleh kriteria sangat baik. Hasil belajar memperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,56 dan kelas kontrol 0,36 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model Concept Attainment berbantu Quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment berbantu Quizizz memperoleh nilai persentase 82,94% dengan kriteria sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kognitif; Model Concept Attainment; Sistem Ekskresi; Quizizz |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Malikhatul Jannah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 05:18 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 05:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77374 |
Actions (login required)
View Item |