Pemberdayaan pemuda melalui program kajian keilmuan : Studi deskriptif di Risalah Coffee Jalan Jati Kaler No. 27 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Rohman, Heri Nur (2023) Pemberdayaan pemuda melalui program kajian keilmuan : Studi deskriptif di Risalah Coffee Jalan Jati Kaler No. 27 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Pemuda merupakan sumberdaya manusia yang memiliki potensi besar bagi kemajuan bangsa, pemuda juga menjadi generasi penerus yang melanjutkan estafeta pembangunan bangsa melalui gagasan-gagasan, ide-ide serta tekad yang kuat dalam merealisasikannya. Dengan melihat begitu pentingnya peranan pemuda untuk bangsa, maka perlu adanya pemberdayaan terhadap para pemuda. Risalah Coffee melalui program kajian keilmuan berupaya untuk memberdayakan para pemuda dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta ilmu baik itu seputar keislaman maupun ilmu umum yang bermanfaat dan menjadi bekal untuk dirinya maupun masyarakat serta mengaplikasikannya dalam segala aspek kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program kajian keilmuan, proses dan hasil pemberdayaan pemuda yang dilaksanakan di Risalah Coffee dalam upaya untuk menciptakan pemuda yang berkualitas, memiliki pengetahuan baik pengetahuan keislaman maupun umum dan merealisasikannya dalam kehidupan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan menurut Soeharto (2005). Teori ini menjelaskan bahwa pemberdayaan dilakukan agar masyarakat memiliki kebebasan, bebas dalam artian bukan hanya dari penyampaian aspirasi tapi juga terbebas dari kebodohan, kelaparan maupun rasa sakit. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan dengan tujuan untuk menjelaskan serta menggambarkan secara rinci berkaitan dengan objek yang diteliti. Metode pengumpulan data yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam tahapan analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan pemuda melalui program kajian keilmuan di Risalah Coffee adalah sebagai berikut: Pertama, program kajian keilmuan merupakan program pengkajian terhadap ilmu pengetahuan yang tujuannya untuk menambah wawasan keislaman maupun ilmu umum dan mengaplikasikannya dalam kehidupan. Kedua, Proses pemberdayaan pemuda melalui program kajian keilmuan menggunakan lima tahap pemberdayaan, yakni pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Ketiga, hasil dari proses pemberdayaan pemuda melalui program kajian keilmuan dapat dilihat dari peningkatan kualitas para pemuda yang berikut serta dalam kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan pemuda; program kajian keilmuan; Risalah Coffe
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Heri Nur Rohman
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:25
Last Modified: 14 Sep 2023 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77444

Actions (login required)

View Item View Item