Ananda, Putri (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui Digital Marketing : Studi deskriptif di BUMDes Mawa Raharja Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
Abstract
Problematika masyarakat desa adalah sebagian masyarakatnya memiliki taraf perekonomian yang masih rendah dan masih asing dengan teknologi, sehingga ini menjadi “pekerjaan rumah” bagi semua elemen, baik masyarakat maupun pemerintah. Maka dari itu, dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perlu adanya usaha dalam memanfaatkan aset yang dimiliki oleh individu maupun desa. Selain itu, hal ini juga dapat berdampak positif dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya, terutama dalam bidang ekonomi. Nilai sumber daya manusia ditekankan dalam hal pemberdayaan ekonomi. Oleh karena itu, tidak mungkin lagi untuk menghindari potensi teknologi yang berkembang pesat. Bahkan, keadaan teknologi dan ekonomi saat ini merupakan dua faktor yang saling terkait dan saling bergantung. Apalagi saat ini di era revolusi industri 5.0, teknologi berperan penting dalam kemajuan ekonomi suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program-program BUMDes Mawa Raharja dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, terkhusus program digital marketing serta mengetahui implementasi dari program digital marketing yang di kelola oleh BUMDes. Implementasi program digital marketing yang dilakukan oleh BUMDes adalah terbentuknya aplikasi Simple Desa. Aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan kebutuhan administrasi masyarakat serta sebagai platform jual beli produk yang masyarakat miliki. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan library research (Studi Pustaka). Informan dalam penelitian ini adalah aparah pemerintah Desa Cibiru Weta, direktur utama atau anggoota BUMDes Mawa Raharja, dan terakhir adalah masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat secara keseluruhan dapat melakukan beberapa hasil dari upaya digitalisasi ekonomi yang dilakukan oleh BUMDes Mawa Raharja. Meskipun masyarakat belum sepenuhnya mampu menggunakan teknologi, namun yang terpenting adalah masyarakat mau belajar dan hal ini dapat memenuhi kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan sosial mereka. Dapat disimpulkan pula bahwa program digital marketing ini berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat desa Cibiru Wetan, dan dalam hal ini BUMDes berperan penting dalam pelaksaan program tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BUMDes; Digital Marketing; Ekonomi; Peran |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Putri Ananda |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:02 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77619 |
Actions (login required)
View Item |