Hastuti, Septiyani (2023) pengaruh model pembelajaran Example Non Example berbantu padlet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis pada siswa masih terbilang rendah dikarenakan proses pembelajaran biologi masih cenderung berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dan pengaruh model pembelajaran example non example berbantu media padlet terhadap kemampuanberpikir kritis siswa serta mendeskripsikan respon siswa. Metode yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non-equivalennt Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Cicalengka dan sampel yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas X MIPA 6 dan X MIPA 7. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes (pretest dan posttest) serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa memperoleh kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,79 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol 0,58 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,015 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran example non example berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran example non example memperoleh nilai persentase 87,5% dengan kriteria sangat baik dan 82,5% dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Kemampuan berpikir kritis; Model Example non Example; Padlet |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Septiyani Hastuti |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77668 |
Actions (login required)
View Item |