Pengaruh implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada kelas XI di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay Bandung

Zulfikar Ali, Rifki (2023) Pengaruh implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada kelas XI di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB 1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang belum sesuai dengan harapan dan motivasi belajar siswa di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay Bandung masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan salah satunya oleh peran guru dalam pembelajaran yang cenderung dominan dengan model pembelajaran konvensional melalui metode ceramah. Dominasi guru dalam pembelajaran berdampak pada tidak terjalinnya interaksi positif dengan peserta didik. Untuk itu diperlukan model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay. (2) penerapan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay; (3) perbedaan motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay (4) Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah noniquivalent pretest-postes-only-design. Desain penelitian dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas XI MIPA 1 dan kelas kontrol XI MIPA 2 di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, analisis dengan menggunakan SPSS 26. Hasil Penelitian ini menunjukan : (1) Pembelajaran PAI di kelas XI SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay masih banyak siswa yang kurang termotivasi untuk ikut serta dalam berjalannya proses pembelajaran, salah satunya dikarenakan metode yang digunakan sering menggunakan metode ceramah, diskusi, hafalan, dan tugas menulis materi yang akan disampaikan, sehingga membuat siswa menjadi jenuh dan mudah bosen saat mengikuti pembelajaran. (2) Pembelajaran PAI dengan model CTL yaitu dengan cara: guru membimbing peserta didik mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan kemampuannya (contructivism), memberikan motivasi (inquiry), memberikan kesempatan bertanya tentang hal yang belum dipahami (questioning), membentuk kelompok belajar (learning community) menggunakan media pembelajaran (modelling), melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (reflection), dan melakukan penilaian terhadap hasil belajar proses kegiatan belajar mengajar tentang beriman kepada hari akhir dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (3) Motivasi Belajar berdasarkan perhitungan nilai pre-angket dan post-angket, dari tiap tiap item nilai rata-rata pre-angket motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen deperoleh hasil sebesar 61,06 dan hasil rata-rata pre-test pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 61,58 hal ini menandakan bahwa kemampuan awal motivasi dari kedua kelas tersebut tidak berbeda jauh. Pada hasil rata-rata post-angket kemampuan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 80.24 dan hasil nilai rata-rata post-angket kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 76,80 dari kedua kelas tersebut terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebanyak 3,44 . (4) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh melalui penilaian pre-test dan post-test dari pengisian jawaban pilihan ganda sebanyak 25 soal di kelas eksperimen nilai mean sebesar 55,39 dan pre-test pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional diperoleh hasil mean 58,39, menunjukan bahwa hasil belajar pre-test kelas kontrol lebih tinggi dari kelas eksperimen, sedangkan Pada hasil post-test kelas eksperimen diperoleh hasil mean 78,42 dan post-test kelas kontrol diperoleh mean 69,49 menunjukan bahwa hasil belajar post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan perbedaan sebanyak 8,93. Menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextuak Teaching and Learning; Pendidikan Agama Islam; Materi Beriman Kepada Hari Akhir
Subjects: Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifki Zulfikar Ali
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:41
Last Modified: 18 Sep 2023 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78054

Actions (login required)

View Item View Item