Penerapan metode Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Karya Pembangunan Cicalengka Kabupaten Bandung

Awaliyah, Nur Banatul (2023) Penerapan metode Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Karya Pembangunan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa di SMP Karya Pembangunan Cicalengka Kabupaten Bandung menggunakan metode diskusi dan tanya jawab sebagai metode utama yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya metode tersebut cukup berhasil diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kemudian peneliti mendapatkan informasi terkait dengan metode yang serupa dengan diskusi dan tanya jawab akan tetapi dapat dikatakan lebih efektif dan metode ini belum pernah digunakan sebelumnya di SMP Karya Pembangunan Cicalengka Kabupaten Bandung, namun sudah banyak sekolah yang telah menerapkan meteode ini dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, metode tersebut adalah Project Based Learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis proyek. Hal ini menjadi latar belakang peneliti untuk menerapkan metode Project Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IX di SMP Karya Pembangun Cicalengka Kabupaten Bandung, sebagai suatu cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum diberikannya perlakuan project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) proses penerapan Project Based Learning pada matata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran merupakan suatu proses yang dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi bertujuan untuk mencapai suatu hasil belajar yang efektif dan efisien. Pada penelitian ini diterapkan metode project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diasumsikan bahwa hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh penerapan metode Project Based Learning (PjBL), dengan demikian hipotesisnya adalah terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah metode Project Based Learning (PjBL) diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah kelas IX B di SMP Karya Pembangunan Cicalengka Kabupaten Bandung yang berjumlah 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu Pretest dan Posttest, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum diberikan tindakan adalah 52,80. (2) Penerapan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan hasil yang cukup efektif, dilihat dari hasil uji data N-Gain Score dengan rata-rata presentase 56,84. (3) Hasil Belajar Siswa setelah diberikannya perlakuan adalah 80,60, dengan hasil uji “t” paired sample test mendapatkan sig (2-Tailed) 0,001 < 0,05, dengan begitu metode project based learning dapat memberikan pengaruh yang berarti pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Banatul Awaliyah
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:53
Last Modified: 18 Sep 2023 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78102

Actions (login required)

View Item View Item