Pengaruh penyebaran berita di media sosial Tik Tok terhadap minat mahasiswa dalam menonton tayangan berita televisi: Studi deskriptif kuantitatif terhadap Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fauziyyah, Muthia (2023) Pengaruh penyebaran berita di media sosial Tik Tok terhadap minat mahasiswa dalam menonton tayangan berita televisi: Studi deskriptif kuantitatif terhadap Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat membuat media massa atau pers ikut beradaptasi. Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah kehadiran media massa di Internet atau yang biasa disebut sebagai digital journalism atau jurnalisme digital. Minat mahasiswa dalam menggunakan media digital sangat tinggi walaupun tidak tertutup kemungkinan bahwa media televisi masih banyak digunakan sebagai sumber berita dan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyebaran berita di media sosial Tik Tok terhadap minat mahasiswa dalam menonton tayangan berita televisi di tengah berkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori uses and gratifications atau teori penggunaan dan pemenuhan kebutuhan. Teori uses and gratifications adalah salah satu teori komunikasi yang titik-berat penelitiannya dilakukan pada khalayak sebagai penentu pesan serta media. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Pengumpulan data menggunakan teori Slovin dengan jumlah populasi 170 dan diambil sampel 63 mahasiswa Jurnalistik angkatan 2019. Pengujian terhadap hipotesis menggunakan program SPSS 25. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi media sosial Tik Tok pada mahasiswa Jurnalistik angkatan 2019 UIN Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa Jurnalistik angkatan 2019 UIN Bandung dalam menonton tayangan berita televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyebaran berita di media sosial Tik Tok terhadap minat mahasiswa dalam menonton tayangan berita televisi. Penelitian ini menunjukan bahwa penyebaran berita di media online Tik Tok berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa Jurnalistik angkatan 2019 dalam menonton tayangan berita televisi. Pada mahasiswa Jurnalistik angkatan 2019, mereka memilih media online Tik Tok karena kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan berita. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya mahasiswa lebih rajin mencari berita dari berbagai sumber media yang ada karena berita mempunyai makna pengetahun dan ilmu yang bermanfaat bagi khalayak. Manfatkan perkembangan zaman dengan mencari informasi di dunia internet yang sifatnya praktis, individual, dan memiliki jangkauan yang luas. ENGLISH: The press had to adjust due to the quick growth of information and communication technologies. One form of adaptation is the presence of mass media on the Internet or what is commonly referred to as digital journalism or digital journalism. Student interest in using digital media is very high although it is possible that television media is still widely used as a source of news and information. The purpose of this research is to ascertain how the effect of spreading news on social media Tik Tok on students interest in watching television amid the development of information and communication technology. The uses and gratification theory is bolster and used in this research. The main focus of this communication theory is focuses on the audience as a factor in selecting messages and media. This research employs a quantitative descriptive methodology and data gathering methods using questionnaires from Journalism students class of 2019 at State Islamic University. The theory used to collect the data being tested is Slovin's theory with a sample of 63 from a total population of 170 students. The program used to test the hypothesis is SPSS 25. This research aims to determine the existence of Tik Tok social media among Journalism students class of 2019 at UIN Bandung. This research aims to determine the interest of 2019 UIN Bandung journalism students in watching television news broadcasts. This study aims to determine the effect of spreading news on social media Tik Tok on students' interest in watching television news shows. According to the result of this research, the impact of spreading the news through social media tik tok has a substantial impact on student interests to watching television. The higher students look for news on the online media Tik Tok impact to the lower student interest in watching television. Journalism students chose the online media Tik Tok because of the convenience and speed of getting the latest news. The suggestion in this study is that news is interpreted as information and knowledge that is useful for audiences, so students should look for news from various existing journalistic media sources. The development of information and communication technology can be used to find and get the latest news.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Berita; Media Online; Tayangan Berita Televisi; Mahasiswa
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muthia Fauziyyah
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:53
Last Modified: 18 Sep 2023 10:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78107

Actions (login required)

View Item View Item