Sukmana, Muhammad Azzaahid (2023) Kotribusi Muhammadiyah Cabang Kadungora dalam Bidang Pendidikan di Ranting Muhammadiyah Cisaat tahun 1963-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
Abstract
Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah pada tanggal 18 November 1912, organisasi ini menyebar ke seluruh Indonesia khususnya di Kadungora berdiri pada tahun 1965, berhasil memberikan inovasi baru yang berguna bagi masyarakat sekitar dengan mendirikan sekolah-sekolah. Dengan berkembangnya organisasi ini memiliki eksistensi dengan membuat pusat pendidikan yakni sekolah-sekolah yang berada di Desa Cisaat. Maka penulisan ini mencoba menguraikan dari berdirinya Muhammadiyah hingga tersebar ke Garut hingga sampai hadirnya Cabang Kadungora dan kontribusinya dalam pergerakan pendidikan di ranting Cisaat. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian tersebut. Maka dari penjelasan di atas, bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Muhammadiyah Cabang Kadungora dalam bidang pendidikan di Ranting Cisaat tahun 1963-2022. Penulis dalam penelitian menggunakan metode sejarah, yaitu pertama Heuristik adalah pengumpulan sumber, dimana mengumpulkan sumber data yang didapatkan yaitu dari arsip-arsip Cabang Kadungora dan wawancara kepada pelaku sejarah itu sendiri. Kedua kritik itu menilai kelayakan dan keaslian sumber yang telah dikumpulkan sehingga dapat dipertanggungjawabkan akan kebenarannya. Ketiga interpretasi atau penafsiran dari sumber yang telah dikritik, dan yang keempat historiografi merupakan penulisan, berupa pembuatan penulisan yang dituangkan kedalam sebuah karya ilmiah yaitu skripsi. Cabang Muhammadiyah Kadungora terus konsisten dalam gerakan amar ma’ruf nahi munkar dengan berbagai amal usahanya. Dari gerakan gerakan yang paling terlihat adalah dari bidang pendidikan terkhusus di ranting Muhammadiyah Cisaat dari tahun awal berdirinya cabang hingga saat ini masih terus konsisten, dari kekonsistenan itulah bisa terciptanya Lembaga-lembaga pendidikan dari mulai Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan yang terakhir iyalah Madrasah Aliyah (MA) dan yang terakhir adalah kontribusi cabang terhadap AUM yang berada di ranting Cisaat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Cabang Muhammadiyah Kadungora |
Subjects: | General Organizations in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Muhammad Azzaahid Sukmana |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 01:00 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 01:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78174 |
Actions (login required)
View Item |