Sulistiani, Dina Eka (2023) Pengaruh media pembelajaran Couple Card terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan bervariasi perlu diperhatikan untuk meningkatkan pemahaman serta membuat peserta didik lebih interaktif terutama pada proses pembelajaran materi Biologi. Sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA melalui media pembelajaran couple card. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperimental design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media pembelajaran couple card dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan nilai N-Gain pada kelas yang menggunakan media pembelajaran couple card sebesar 0,62 dengan kategori sedang, serta hasil respon peserta didik yang sangat kuat yakni sebesar 86,4%. Peningkatan hasil nilai test peserta didik membuktikan bahwa media pembelajaran couple card bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. EGNLISH : The use of innovative and varied learning media needs attention to increase understanding and make students more interactive, especially in the process of learning Biology material. So that students can get maximum learning results. The purpose of this study is to determine the increase in cognitive learning outcomes of students in class X high school living things classification material through couple card learning media. This study used a quantitative approach and the research method used was experimental research with a quasi-experimental design. The results of the study show that the use of couple card learning media can improve students' cognitive learning outcomes. This is evidenced by the acquisition of the N-Gain value in the class using the couple card learning media of 0.62 in the medium category, as well as the very strong student response results of 86.4%. The increase in the results of students' test scores proves that couple card learning media is useful for increasing students' cognitive learning outcomes in the material of living things classification.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Couple card; Hasil Belajar Kognitif; Klasifikasi Makhluk Hidup; |
Subjects: | Secondary Education > Upper Level Secondary School Natural History of Organism > Classification of Organism |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ainun Azizah |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 01:37 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78207 |
Actions (login required)
View Item |