Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) : Studi deskriptif di Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Mumtaza, Ghifar Nazhif (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) : Studi deskriptif di Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Mewujudkan masyarakat yang beirdaya seicara eikonomi dibutuhkan adanya program peimbeirdayaan keiwirausahaan agar masyarakat lebih terarah, terkendali dan terkontrol. Keiwirausahaan beirarti meinciptakan lapangan peikeirjaan untuk dirinya seindiri atau untuk orang lain disekitarnya. Jiwa keiwirausahaan masyarakat tumbuh dan beirkeimbang, dengan hadirnya program peimbeirdayaan seperti yang dilakukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) “Lima” dalam memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Jelegong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat, mendeskripsikan proses pelaksanaan program dan hasil yang diperoleh dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh KUBE “Lima” dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan ekonomi keluarga. Landasan pemikiran dalam penelitian ini adalah Teori Pemberdayaan dari Totok dan Poeirwoko, bahwa pemberdayaan seibagai upaya untuk meimeinuhi keibutuhan yang diinginkan oleih individu, keilompok, maupun masyarakat luas. Sehingga masyarakat meimiliki keimampuan dalam meilakukan pilihan dan meingontrol lingkungannya untuk meimeinuhi kebutuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh KUBE “Lima” menghasilkan masyarakat yang berdaya serta menambah keterampilan dalam berwirausaha melalui program pemberdayaan ekonomi, masyarakat juga terlihat inovatif dalam bidang usahanya. Dibuktikan dengan banyaknya ibu rumah tangga yang produktif sehingga dapat berwirausaha dengan keterampilan yang dimilikinya guna meningkatkan kualitas hidup dan mensejahterakan ekonomi keluarganya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; Kelompok Usaha Bersama
Subjects: Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: GHIFAR NAZHIF M
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:25
Last Modified: 19 Sep 2023 01:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78258

Actions (login required)

View Item View Item