Pelaksanaan Akad Kredit Jangka Pendek Bagi Para pensiunan Pegawai Negeri Sipil Di Pt Bpr Dana Pos (persero) Kantor Cabang Cimahi

Ramdan, Muhammad (2007) Pelaksanaan Akad Kredit Jangka Pendek Bagi Para pensiunan Pegawai Negeri Sipil Di Pt Bpr Dana Pos (persero) Kantor Cabang Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTRA ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat merupakan suatu badan usaha yang berfungsi untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. PT BPR DANA POS (Persero) Kantor Cabang Cimahi merupakan salah satu jenis BPR yang menjalankan usahanya dalam jasa pemberian kredit yang khusus diberikan kepada para Pensiunan Pegawai Negeri Sipil. PT BPR DANA POS (Persero) Kantor Cabang Cimahi bekerjasama dengan PT POS Indonesia (Persero) dalam pencairan dana kredit terhadap nasabah, dengan tujuan agar di dalam pelayanan lebih efisien dan menyeluruh karena langsung menyebar dan mengena kepada masyarakat khususnya di pedesaan yang berada di kecamatan. Pemberian kredit merupakan bagian dari operasionalnya BPR tersebut. Kredit adalah penydiaan uang/ tagihan yang berdasarkan kesepakatan antara bank dengan nasabah dengan menggunakan jangka waktu, dimana pengembaliannya di sertai dengan bunga. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa para nasabah tidak memberikan informasi secara benar kepada pihak bank dengan jalan nasabah memanipulasi data persyaratan yang telah diajukan oleh pihak bank agar proses pencairan kredit lulus verifikasi dan nasabah mendapatkan pinjaman kredit sehingga pihak bank merasa tertipu dan mengalami kerugian. Dalam pelaksanaan akad kredit yang teijadi di lapangan, dari awal bulan Januari sampai akhir Desember 2006, ada dua kasus memanipulasi data pensiun yang pemah terjadi, yaitu pemalsuan usia debitur dengan batas usia debitur yang ditetapkan oleh pihak bank maksimal 75 tahun dan pemalsuan SK Pensiun terakhir. Berdasarkan hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modus operandi manipulasi data dalam pengajuan kredit, penyelesaian kasus manipulasi data serta analisis fiqh muamalah terhadap penyelesaian kasus manipulasi data oleh PT BPR DANA POS (Persero) Kantor Cabang Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, yaitu untuk mendeskripsikan tentang suatu satuan analisis secara utuh sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi di lapangan, wawancara kepada direksi dan staff bagian perkreditan serta studi kepustakaan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang dibahas. Pelaksanaan Akad Kredit Jangka Pendek bagi para Pensiunan Pegawai Negeri Sipil di PT BPR Dana Pos (Persero) Kantor Cabang Cimahi, dengan kasus pihak nasabah memanipulasi data dalam akad pengajuan kredit terhadap pihak bank. Menurut fiqih muamalah termasuk akad yang fasid (rusak) karena tidak terpenuhinya rukun dan syarat dari akad tersebut dan batal hukumnya karena terdapat unsur tadlis (penipuan)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: bab 1 tidak ada hal 4 5 bab 3 tidak ada hal 33
Uncontrolled Keywords: Akad Kredit,pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Dana Pos (persero)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:40
Last Modified: 05 Dec 2023 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78371

Actions (login required)

View Item View Item