Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mayora Indah Tbk periode 2013-2022

Inayah, Gina (2023) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mayora Indah Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh teori yang menyatakan Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) yang besar mencerminkan Harga Saham yang dimiliki juga besar. Masalah yang akan muncul apabila Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) meningkat tetapi Harga Saham mengalami penurunan begitupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. Mayora Indah Tbk. periode 2013-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Harga Saham, pengaruh dan Return On Assets (ROA) secara parsial terhadap Harga Saham, dan pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) secara simultan terhadap Harga Saham yang diteliti pada PT. Mayora Indah Tbk periode 2013-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) berpengaruh positif terhadap harga saham, artinya apabila Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) naik, maka Harga Saham naik, begitupun sebaliknya apabila Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) turun, maka Harga Saham pun turun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan PT. Mayora Indah Tbk. periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 1,3 %. Pada variabel Return On Assets (ROA) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 4,1%. Kemudian secara simultan, diketahui bahwa hasil koefisien sebesar 17,3% artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti Net Profit Margin (NPM) dan Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Return On Assets (ROA); Harga Saham.
Subjects: Econmics
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Gina Inayah
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:09
Last Modified: 19 Sep 2023 06:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78387

Actions (login required)

View Item View Item