Seliani, Desi (2023) Penerapan strategi pembelajaran poster session untuk meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep matematik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh informasi mengenai proses pembelajaran matematika dengan strategi poster session, (2) untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi poster session. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kota Cilegon, tahun ajaran 2022/2023. Metedologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir siklus, lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran proses pembelajaran matematika dengan strataegi poster session ini berjalan dengan baik; (2) pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika mengalami peningkatan yaitu rata-rata skor pemahaman konsep siswa pada siklus I (68.50%), siklus II (70.75%) dan siklus III (71.50%). Sedangkan hasil dari aktivitas belajar matematika baik aktivitas guru maupun siswa sebagai berikut: aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I (78.50%) dan siklus II (84%) menjadi sangat baik pada siklus III (89,50%). Aktivitas belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I (80,41%) dan siklus II (80,08%) menjadi kategori sangat baik pada siklus III (81,91%). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Matematika; Pemahaman Konsep Matematika; Poster Session. |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Desi Seliani |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 08:52 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 08:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78433 |
Actions (login required)
View Item |