Hayat, Isma Nurul (2023) Pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran materi Kerajinan Tangan pada mata pelajaran SBdP : Penelitian quasi eksperimen di kelas IV MI Miftahul Falah 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti melalui wawancara, penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas siswa di kelas 4A dalam pelajaran SBdP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Kreativitas Siswa di Kelas IV yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran experiential learning di kelas eksperimen dengan membuat karya seni kolase teknik tempel lebih baik dari pada kelas Kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keadaan awal yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan memberikan pre-test dan post-test pada kedua kelas tersebut. Kemudian, penelitian akan melihat adanya pengaruh atau tidak terhadap kelas eksperimen ketika diberikan perlakuan model pembelajaran experiential learning. Peneliti akan menentukan adanya perbandingan kedua model pembelajaran yaitu model pembelajaran experiential learning dan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran experiential learning adalah model pembelajaran yang melibatkan pengalaman siswa dan dapat didefinisikan sebagai proses belajar yang melibatkan pengalaman siswa menjadi suatu pengetahuan serta mendapatkan informasi-informasi terbaru dari pengalamannya tersebut secara langsung. Kreativitas merupakan suatu proses yang menghasilkan suatu karya baru ke dalam sebuah tindakan yang lahir dengan adanya interaksi antar individu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Peneliti melakukan penelitian di kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan 4B sebagai kelas kontrol yang jumlahnya sama yaitu berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu tes unjuk kerja yang menggunakan rubrik penilaian yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Hasil Uji Mann Whitney pada penelitian ini yaitu yaitu dengan diketahui bahwa nilai yang peroleh Asymp. Sig (2-tailed) sebesar <0,000, artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 (<0,05) dan dapat disimpulkan bahwa H_a diterima. Oleh karena itu, hasil hipotesis yang diperoleh yaitu H_a diterima dan H_o ditolak dengan keterangan, “Terdapat pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap tingkat kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP materi kerajinan tangan”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerajinan Tangan; Kreativitas; Model Pembelajaran Experiential Learning |
Subjects: | Accounting > General Publications of Accounting Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Isma Nurul Hayat |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 03:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78732 |
Actions (login required)
View Item |