Implementasi model Creative Problem Solving (CPS) menggunakan media pembelajaran video untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik

Umaroh, Fidiyati (2023) Implementasi model Creative Problem Solving (CPS) menggunakan media pembelajaran video untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan ketersediaan media pembelajaran masih kurang memadai. Sehingga dikembangkan video pembelajaran berbasis model CPS sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model CPS menggunakan media pembelajaran video untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan responnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dan dilaksanakan dengan one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada 22 peserta didik kelas XI MIPA. Dalam penelitian ini studi komparatif digunakan untuk menguji apakah terdapat peningkatan perbedaan pemahaman peserta didik dalam kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah penggunaan video. Sebelum video pembelajaran digunakan telah divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media juga ahli materi, dan sudah dinyatakan layak. Hasil pengujian hipotesis dengan pengambilan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima atau tertinjau dari nilai signifikasinya secara keseluruhan dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif degan kategori tinggi. Hasil penelitian dari angket respon peserta didik mendapatkan hasil keseluruhan dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran; CPS; kemampuan berpikir kreatif; dan dinamika rotasi
Subjects: Natural Science
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fidiyati Umaroh
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:16
Last Modified: 27 Sep 2023 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78839

Actions (login required)

View Item View Item