Perkembangan Pesantren Persatuan Islam nomor 32 Ciawi Tasikmalaya tahun 1997-2021

Rahma, Assena Fadila (2023) Perkembangan Pesantren Persatuan Islam nomor 32 Ciawi Tasikmalaya tahun 1997-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema perkembangan salah satu Pesantren Persatuan Islam di Tasikmlaya yaitu Pesantren Persis nomor 32 Ciawi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perkembangan dan perubahan yang terjadi di pesantren tersebut, karena adanya perbedaan kurikulum yang dipakai jika dibandingkan dengan pesantren lainnya di Indonesia. Metode yang digunakan ialah metode Sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber-sumber yang didapat berupa foto, arsip serta kesaksian yang didapat dari pelaku dan saksi Sejarah, seperti Ibu Rukmini yang merupakan angkatan pertama di Pesantren tersebut. Arsip yang didapat ini memiliki kualitas yang baik, baik isi maupun fisiknya. Untuk melakukan interpretasi, teori yang digunakan diantaranya teori Pesantren dari Zamaksyari Dhofier. Pesantren ini sendiri berawal ditahun 1966 atas inisisasi Jamaah Persatuan Islam yang ingin mendirikan lembaga pendidikan untuk mendalami pengetahuan agama anak-anaknya, lalu dilakukanlah usaha bersama dalam mewujudkannya seperti mewakafkan tanah yang mereka miliki sebagai lahan untuk didirikannya pesantren ini. Hasil dari penelitian ini ialah perkembangan yang terjadi setidaknya terdapat dua fase, yaitu (1) Pesantren dalam bentuk pesantren tradisional ditahun 1966 sampai tahun 1997, pada masa ini santri hanya mempelajari perihal agama dengan fasilitas yang seadanya. (2) masa berkembang, pada tahun 1997 sampai tahun 2021, pesantren sudah mengadakan pendidikan formal, pelajaran umum sudah dimasukan kedalam kurikulum Pesantren, serta fasilitas yang semakin berkembang. Kata Kunci: Pesantren; Persis; Pendidikan Islam; Perkembangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Persis; Pendidikan Islam; Perkembangan.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: sena fadila rahma
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:17
Last Modified: 02 Oct 2023 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79427

Actions (login required)

View Item View Item