Zulfa, Fini Nur Aisyah (2023) Penerapan metode Gallery walk dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas tinggi : Penelitian tindakan kelas V MI Nurul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. Cover.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. Bab I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text (BAB III)
6. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text (BAB IV)
7. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran, sehingga siswa sukit untuk memahami materi ajar yang disampaikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode gallery walk pada mata pelajaran Matematika (2) Penerapan metode gallery walk pada mata pelajaran Matematika (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode gallery walk di setiap siklus pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui tahapan yang berulang, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data memiliki kesimpulan bahwa penerapan metode gallery walk terlaksana dengan baik. Terbukti dengan meningkatnya hasil observasi aktivitas belajar. Aktivitas guru pada siklus I tindaan I memperoleh persentase sebesar 80% pada rentang 80-100% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus I tindakan II memperoleh persentase 90% pada rentang 80-100% dengan kategori baik pula. Adapun pada siklus II tindakan I dan II hasil dari observasi aktivtas guru mencapai persentase 100% dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas peserta didik pada siklus I tindakan I adalah 74% dalam rentang 60-70% kategori cukup, sedangkan pada siklus I tindakan II meningkat 5% menjadi 79% pada rentang 60-70% baik pula. Aktivitas peserta didik pada siklus II tindakan I memiliki nilai persentase sebesar 89% yang memiliki rentang 80-100% kategori baik. Sedangkan pada siklus II tindakan II meningkat 7% hingga mencapai persentase 96% rentang persentasenya dianatara 80-100%, sehingga aktivitas peserta didik pada siklus II tindakan II memiliki kategori baik. Adapun hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode gallery walk memperoleh nilai rata-rata sebesar 41 dengan ketuntasan klasikal sebesar 24%. Sedangkan siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 61 dengan ketuntasan klasikal 59%. Sedangkan pada siklus Ii nilai rata-rata yang dicapai sebesar 75 dengan ketuntasan klasikla sebesar 88%. Maka Penelitian Tindakan Kelas ini telah selesai dengan tujuan yang diharapkan yakni meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode gallery walk; hasil belajar; pembelajaran matematika |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fini Nur |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 02:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79932 |
Actions (login required)
View Item |