Samidah, Siti (2023) Pengembangan modul ajar Fisika pada materi Pemanasan Global untuk meningkatkan Literasi Lingkungan peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul ajar fisika, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul ajar fisika, dan peningkatan literasi lingkungan peserta didik pada materi pemanasan global. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan metode pendekatan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Garut dengan sampel penelitian satu kelas yakni kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Garut berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi para ahli, lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis pada Autentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet (AABTLT With SAS), dan juga tes survey literasi lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai validitas ahli, n-gain, dan uji t-paired sample test. Hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Modul ajar fisika pada materi pemanasan global mendapatkan interpretasi layak dengan nilai validitas yang didapatkan sebesar 80,91%. 2) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama tiga pertemuan mendapatkan nilai rata-rata 72,36% yang berarti efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 3) Terdapat peningkatan literasi lingkungan peserta didik pada materi pemanasan global sebelum dan sesudah menggunakan modul ajar mendapatkan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,286 untuk afektif dan 0,001 pada behavior dengan kategori rendah dan 0,416 dengan interpretasi sedang pada aspek kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar Fisika; Literasi Lingkungan; Pemanasan Global. |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Samidah |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 10:53 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 10:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80139 |
Actions (login required)
View Item |