Lisna Ginawati, Lisna (1210206054) (2014) Pengaruh Pemberian Tugas Awal terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) Siswa pada Materi Ekosistem” (Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Pasundan Banjaran). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran biologi siswa jarang mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran yang akan dipelajari disekolah. Untuk menuntun siswa mempersiapkan diri dalam pembelajaran di kelas, pemberian tugas awal kepada siswa diperlukan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian tugas awal terhadap kbkr siswa, mendeskripsikan respon siswa terhadap pemberian tugas awal, dan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan pemberian tugas awal pada materi ekosistem.Metode penelitiannya adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Pasundan Banjaran. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan berupa tes uraian sebanyak 10 soal, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t, analisis respon siswa serta keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t data pretest yaitu hitung< tabel yaitu Ho diterima, Ha ditolak. Rata-rata nilai gain yaitu 33,53 lebih tinggi dibanding rata-rata nilai gain kelas kontrol yaitu 20,29. Sedangkan hasil uji t data posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,43 > 1,66 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata nilai indikator berpikir kritis terbesar pada hasil pretest dan posttest kedua kelas tersebut yaitu memberi penjelasan lebih lanjut. Nilai rata-rata respon siswa terhadap pemberian tugas awal sebesar 82,99% (sangat kuat). Nilai rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91,18% (sangat baik) dan nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 81,18% (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Pemberian tugas awal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kbkr siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh tugas awal, keterampilan berpikir kritis, ekosistem, respon siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2016 03:18 |
Last Modified: | 15 Mar 2016 10:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/807 |
Actions (login required)
View Item |