Nurjamilah, Suci (2023) Implementasi Sabar dalam menangani anak Tunarungu : Studi deskriptif pada guru di SLB BC Multahada Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_abstrak .pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
4_bab1.pdf Download (658kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (Bab III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (Bab IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
||
Text (Bab V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
Abstract
Di dalam suatu lembaga pendidikan dimana pun bahwa peran sabar itu sangat penting bagi semua orang, bahkan dalam dunia pendidikan itu tidak hanya membutuhkan keahlian saja, namun harus memiliki sebuah kematangan dalam cara berinteraksi sosial itu salah satu cara bahwa untuk berinteraksi sosial itu harus dengan cara yang begitu sabar. Karena di dalam sebuah kehidupan sehari-hari dengan mempraktekan rasa sabar itu sangat berkaitan denganpekerja keras untuk melakukannya, dengan tidak mudah untuk berputus asa, dan harus selalu siap dalam hal apapun baik menghadapi masalah atau tantangan apapun dan dimanapun. Dengan penelitian ini dapat mengetahui bahwa bagaimana memahami dan cara pengaplikasian sabar pada guru SLB saat menangani anak tunarungu sehigga dapat memberikan manfaat yang baik kepada siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengolahan secara analisis deskriptif. Dalam metode pengumpulan data pada saat penelitian ini dengan cara mengobservasi terlebih dahulu, melakukan wawancara dan mengdokumentasikan, dengan sumber data primer yang berjumlah empat orang dan sumber data sekunder dengan menggunnakan beberapa buku sebagai bahan penguatan dalam penelitian. Berdasarkan dengan hasil sebuah penelitian ini yang dilakukan maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru tunarungu di SLB BC Rancaekek memiliki sebuah pemahaman yang sama dalam menerapkan sabar, yaitu dengan menyadari bahwa semua yang mereka jalankan itu adalah sebuah tugas dan kewajiban dalam membantu dan menjadikan sabar sebuah keharusan saat menangani anak tunarungu dengan memberikannya sebuah motivasi agar selalu semangat dan bersabar dengan keadaan. Selain itu dalam menangani anak tunarungu mereka melakukan sebuah penanganan nya dengan baik serta dapat menahan diri agar tidak mengeluh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sabar ; Tunarungu ; Guru Tunarungu; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Suci Nurjamilah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 07:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 07:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80814 |
Actions (login required)
View Item |