Aisy, Nadhifa Rohadatul (2023) Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan penting yang harus diiliki pada abad ke 21 adalah berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Perangkat penelitian berupa RPP dengan instrumen penelitian: lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian dengan indikator berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Penelitian dilakukan disalah satu SMA Negeri di kabupaten Sukabumi. Sampel penelitian terdiri atas 32 peserta didik di kelas eksperimen dan 32 peserta didik di kelas kontrol, samel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas peserta didik dal guru menapai kriteria baik. Keterampilan berpikir kritis dikelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest sebesar 72,656 dengan n-gain sebesar 0,45 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata posttest sebesar 64,656 dengan n-gain sebesar 0,28 . Hasil uji hipotests menggunakan uji Mnn-Whitney juga menunjukan sig 2-tailed (0,000) < Ttabel (α = 0,05) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model RADEC sebesar 68,7% dengan kategori baik. Berdasarkan data hasil penelitian ini model pembeajaran RADEC berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis; RADEC; Sistem reproduksi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nadhifa Rohadatul Aisy |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 00:36 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 00:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80928 |
Actions (login required)
View Item |