Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-wom), Impulse Buying, Brand Image dan label Halal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fuadah, Linda (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-wom), Impulse Buying, Brand Image dan label Halal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Kosmetik merupakan zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Kosmetik telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari oleh banyak masyarakat terutama bagi kalangan mahasiswa yang sedang berada pada fase produktif. Mereka membutuhkan kosmetik yang tentunya tidak melanggar batasan nilai-nilai agama Islam. Prasyarat utama produk kosmetik yang mereka beli haruslah yang memenuhi standar halal. Hingga saat ini produk kosmetik berlomba-lomba untuk menjadi pilihan utama bagi para pelanggannya, sehingga perlu diidentifikasi hal apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik pada kalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-WOM, impulse buying, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswa FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Kerangka pemikiran sebagai dasar dalam melakukan penelitian, yaitu terdapat pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian, pengaruh impulse buying terhadap keputusan pembelian, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian dan pengaruh E-WOM, impulse buying, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Responden yang menjadi sampel penelitian berjumlah 131 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) melalui google form dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan IBM SPSS (Software Statistikal Package for the Social Sciens) versi 24. Penelitian ini menyimpulkan bahwa E-WOM, impulse buying, brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian. Didapat nilai uji t E-WOM mempunyai nilai thitung 3,099 > ttabel 1,978 dan nilai signifikannya sebesar 0,002 < 0,05, nilai uji t impulse buying thitung 2,285 > ttabel 1,978 dan nilai signifikannya sebesar 0,024 < 0,05, nilai uji t brand image thitung 4,729 > ttabel 1,978 dan nilai signifikannya sebesar 0,000 < 0,05, nilai uji t label halal thitung 1,430 < ttabel 1,978 dan nilai signifikannya sebesar 0,155 > 0,05. Secara simultan keputusan pembelian dipengaruhi oleh E-WOM, impulse buying, brand image dan label halal memiliki kontribusi 42,4% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 57,6% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word Of Mouth (E-WOM); Impulse Buying; Brand Image; Label Halal
Subjects: General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Fuadah Linda
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:06
Last Modified: 31 Oct 2023 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81143

Actions (login required)

View Item View Item