Pemahaman peserta didik terhadap materi Adab kepada orang tua dan guru hubungannya dengan Akhlak mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Syarifah, Syarifah (2023) Pemahaman peserta didik terhadap materi Adab kepada orang tua dan guru hubungannya dengan Akhlak mereka di sekolah : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Pada mata pelajaran Akidah Akhlak, salah satu materi yang dipelajari yaitu adab kepada orangtua dan guru. Namun pada kenyataannya fakta di lapangan menunjukkan masih banyak peserta didik yang belum mengamalkan sikap tersebut seperti belum sepenuhnya mengikuti nasihat guru, berlaku kurang sopan pada saat pembelajaran di kelas seperti mengobrol saat guru sedang menerangkan pelajaran, meminta izin ke toilet dengan waktu yang cukup lama dan kembali ke dalam kelas mendekati jam pelajaran habis. Mata pelajaran Akidah Akhlak mempunyai andil untuk memberikan motivasi dalam mempelajari dan mempraktikan akidah siswa dalam bentuk pembiasaan dan latihan melakukan akhlak terpuji. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas pemahaman peserta didik terhadap materi adab kepada orangtua dan guru; 2) Realitas akhlak mereka di sekolah; 3) Hubungan antara pemahaman peserta didik terhadap materi adab kepada orangtua dan guru dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa keberhasilan pengembangan dari ranah kognitif tidak hanya membuahkan kecakapan pada ranah kognitif saja. Akan tetapi, dapat menghasilkan kecakapan ranah afektif dan ranah psikomotorik. Dari pemahaman yang mendalam terhadap materi pelajaran dapat meningkatkan ranah afektif peserta didik. Maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif dan jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung sebanyak 62 orang siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan metode statistik yang terbagi dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pemahaman siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah terhadap materi adab kepada orangtua dan guru memiliki skor rata-rata 87,27 termasuk pada kategori sangat tinggi karena berada pada interval 80-100. 2) Realitas akhlak siswa kelas VIII di MTs Miftahul Falah memiliki skor rata-rata 3,75 termasuk pada kategori baik karena berada pada interval 3.40-4.19. 3) Realitas hubungan pemahaman peserta didik terhadap materi adab kepada orangtua dan guru dengan akhlak siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah berada pada kategori rendah. Hal ini berdasarkan skor koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,27 karena berada pada interval 0.20-0.399. Hasil uji koefisien korelasi menunjukkan bahwa thitung < ttabel (2,26 < 56,4). Jadi, dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak maka tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman peserta didik terhadap materi adab kepada orangtua dan guru dengan akhlak mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Adab; Akhlak
Subjects: Islam
Islam > Islam and Social Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarifah Syarifah
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:47
Last Modified: 01 Nov 2023 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81271

Actions (login required)

View Item View Item