Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir dan implementasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Azhar Abizar

Firmansyah, Muhamad Hamdan (2023) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir dan implementasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Azhar Abizar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis terhadap rendahnya pengamalan nilai-nilai pendidikan Islam di negara Indonesia yang tercermin dalam kekerasan, pergaulan bebas, dan penurunan moral pemuda. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir. 2) Analisis ilmu pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Azhar Abizar. Penelitian ini didasari oleh konsep pendidikan Islam Zakiah Daradjat yang menyatakan bahwa pendidikan Islam adalah pembentukan kepribadian muslim. Pendidikan Islam lebih banyak ditujukan kepada perbaikan sikap mental yang terwujud dalam perbuatan, baik diri sendiri maupun orang lain. Hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi degradasi moral yang terjadi hari ini. Sehingga, pada penelitian ini, penulis menganalisis buku Rantau Bertuah yang mengisahkan tentang kehidupan Reza dan Silvi dan bagaimana mereka menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada keluarga mereka kemudian mengimplementasikannya pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Azhar Abizar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan jenis penelitian kepustakaan atau library reasearch. Sumber primer dalam penelitian ini adalah buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir dan sumber sekundernya yaitu buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis isi pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yanag terkandung dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir meliputi nilai akidah (Iman kepada Allah, kitab Rasul-Nya, qadha dan qadar, takwa kepada Allah, tawakal, dan beriman sampai akhir hayat), nilai syariat (berdoa, muamalah, shalat, sedekah, mengajarkan dan menuntut ilmu, berdakwah, dan amar ma’ruf nahi munkar), dan nilai akhlak (akhlak terhadap Allah, manusia, keluarga, lingkungan, dan diri sendiri). 2) Analisis ilmu pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir meliputi komponen ilmu pendidikan Islam yang terdiri dari pendidik, peserta didik, dasar pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, media pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, dan evaluasi pendidikan Islam. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Rantau Bertuah karya Tatty Elmir pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Azhar Abizar meliputi tujuan pembelajaran, materi dan bentuk implementasi, metode dan langkah-langkah pembelajaran, pendidik, peserta didik, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan; Pendidikan Islam; Buku Rantau Bertuah; Pembelajaran Akidah Akhlak; MTs Al-Azhar Abizar;
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamdan Firmansyah
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:53
Last Modified: 06 Nov 2023 05:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81558

Actions (login required)

View Item View Item