Nur'asyiah, Putri (2023) Penerapan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sangatlah penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut yaitu menggunakan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan proses pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran RMT; perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran RMT dan pembelajaran konvensional; dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan pembelajaran RMT. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X-1 sampai X-12 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan kelas X-10 sebagai kelas pendekatan RMT dan X-8 sebagai kelas konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa; tes kemampuan pemahaman konsep matematis; dan lembar angket skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut : keterlaksanaan aktivitas guru memiliki rata-rata 89% dengan kriteria tinggi dan aktivitas siswa sebesar 90% mencapai kriteria tinggi; terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas RMT yaitu memiliki rata-rata N-Gain 0,78 dengan kategori tinggi, dan kelas konvensional yaitu memiliki rata-rata N-Gain 0,61 dengan kategori sedang; siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran RMT.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan pembelajaran; Rigorous Mathematical Thinking (RMT); kemampuan pemahaman konsep matematis |
Subjects: | Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Nur'asyiah |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 02:42 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82085 |
Actions (login required)
View Item |