Hubungan tanggapan siswa tentang proses pembelajaran PAI dengan motivasi mereka melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah : Penelitian korelasional terhadap siswa di SMAN 1 Cicalengka Bandung

Mutmainah, Hasnah (2023) Hubungan tanggapan siswa tentang proses pembelajaran PAI dengan motivasi mereka melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah : Penelitian korelasional terhadap siswa di SMAN 1 Cicalengka Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan sholat berjamaah khususnya melakukan sholat dzuhur berjamaah, dikarenakan kurang adanya pendidikan agama yang dari orang tua siswa belum cukup untuk mendidik siswa, sehingga kurang termotivasi untuk melakukan sholat berjamaah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi tentang 1) Tanggapan siswa tentang proses pembelajaran PAI 2) Motivasi siswa dalam melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, dan 3) Hubungan tanggapan siswa tentang proses pembelajaran PAI dengan motivasi mereka dalam melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di SMAN 1 Cicalengka Bandung. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir yang mengacu pada teorinya Ahmad Tafsir (2005) bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) ialah usaha yang lebih khusus ditekankan untuk mengembangkan fitrah keberagaman subyek peserta didik agar lebih mampu memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam. Selain itu PAI bukanlah sekedar proses usaha mentransfer ilmu pengetahuan atau norma agama melainkan juga berusaha mewujudkan perwujudan jasmani dan rohani peserta didik agar kelak menjadi generasi yang memiliki watak, budi pekerti, dan kepribadian yang luhur serta kepribadian muslim yang utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskritif kuantitatif. Pengumpulan data kuantitatif ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa kelas XI. Adapun analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji validitas pada angket yang kedua menggunakan validitas item dimana setiap item angket diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) Nilai rata-rata (Mean) tanggapan siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam siswa di SMAN 1 Cicalengfka sebesar 63,56 artinya berada dalam kateori cukup 2) nilai rata-rata (Mean) motivasi siswa dalam pelaksanaan shalat dhuhur di SMAN 1 Cicalengka Bandung sebesar 61,77 artinya berada dalam kategori cukup dan 3) Hubungan antara tanggapan siswa tentang proses pembelajaran PAI terhadap motivasi mereka dalam melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di SMAN 1 Cicalengka Bandung sebesar 23%. Faktor keterkaitan yang diberikan dalam kategori sedang dan masih terdapat 77% faktor-faktor lain yang memiliki keterkaitan dengan motivasi pelaksanaan shalat dhuhur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Pembelajaran PAI; Motivasi Sholat Dzuhur Berjamaah
Subjects: Islam
Islam > Salat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat, Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasnah Mutmainah
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:17
Last Modified: 16 Jul 2024 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82677

Actions (login required)

View Item View Item