Effendi, Qonita Nur Annisaa (2023) Pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir sistem Siswa pada materi sistem gerak manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
Abstract
Pada masa abad ke 21 diperlukannya keterampilan berpikir sistem pada siswa terutama dalam pembelajaran sains. Namun masih kurangnya keterampilan berpikir sistem yang dimiliki oleh siswa sekarang ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis keterampilan berpikir sistem siswa, menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir sistem, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup. Pengambilan data melalui lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian yang didapatkan ialah keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada kelas eksperimen sebesar 93%, serta pada siswa sebesar 93%. Keterampilan berpikir sistem pada kelas eksperimen diperoleh nilai n-gain sebesar 0.03 berkriteria rendah, sedangkan keterampilan berpikir sistem pada kelas reguler diperoleh nilai n-gain sebesar 0.06 berkriteria rendah. Model pembelajaran Discovery Learning tidak berpengaruh terhadap berpikir sistem siswa pada materi sistem gerak manusia. Pada hasil hipotesis diperoleh Sig. 0.083 > 0.05 dengan nilai effect size sebesar 0.218 dengan interpretasi sedang. Respon siswa terhadap proses pembelajaran berkriteria baik dengan nilai sebesar 83%. Penelitian ini dapat membantu dalam mengetahui dampak serta peran dan faktor yang mempengaruhi pada penelitian model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir sistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Keterampilan Berpikir Sistem; Sistem Gerak Manusia |
Subjects: | Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Effendi Qonita Nur Annisaa |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 06:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 06:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82689 |
Actions (login required)
View Item |