Badriah, Eneng Huzaematul (2023) Penerapan metode tadabur Al-Quran dalam upaya menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI): Penelitian pada materi menghindarkan diri dari sifat temperamental (Ghadhab) berdasarkan Q.s. Ali Imron: 133-134 kelas X-F di SMA YAS Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab2.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Permasalahan pada penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-F di SMA YAS Kota Bandung pada pembelajaran PAI yang masih rendah. Berbagai upaya untuk menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa telah dilakukan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SMA YAS Kota Bandung. Salah satunya dengan evaluasi penggunaan metode Guru PAI dalam pembelajaran di kelas. Namun, upaya tersebut belum memberikan dampak yang maksimal terhadap peningkatan hasil belajar serta motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan penggunaan Metode Tadabur Al-Qur’an; 2) Menggambarkan penerapan metode tadabur Al-Qur'an pada pembelajaran PAI sebagai upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa; 3) Menggambarkan penerapan metode tadabur Al-Qur'an pada pembelajaran PAI sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan angka-angka dalam mengidentifikasi masalah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan sebaran angket. Selanjutnya data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi diinterpretasi dengan penjelasan deskriptif, sementara hasil tes dan sebaran angket dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Penerapan Metode Tadabur Al-Qur’an dilaksanakan berdasarkan sintaks metode pembelajaran yaitu Tilawah, Tafhim, Tadzawwuq, Tashdiq, dan Tajawwub; 2) Penggunaan Metode Tadabur Al-Qur’an dapat menjadi upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai rata-rata 69,7 yang berada pada kategori Motivasi Tinggi. 3) Penggunaan Metode Tadabur Al-Qur’an dapat menjadi upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistik menggunakan aplikasi SPSS 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, atau H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan metode tadabur Al-Qur’an. Berdasar hasil penelitian di atas, direkomendasikan bahwa penerapan Metode Tadabur Al-Qur’an dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan metode pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, misalnya permasalahan motivasi, hasil belajar siswa, perilaku siswa, dll. ENGLISH : The problems in this research is the motivation and learning outcomes of class X-F students at SMA YAS Bandung City in Islamic Studies learning are still low. Various efforts to increase motivation and student learning outcomes have been carried out by the Islamic Studies SMA YAS Bandung Teacher Working Group (KKG). One of them is by evaluating the use of the Islamic Studies teacher method in classroom learning. However, these efforts have not had the maximum impact on improving learning outcomes and student motivation. This research aims to: 1) Describe the application of the Al-Qur'an Tadabur Method; 2) Describe the application of the Al-Qur'an recitation method in PAI learning as an effort to foster student learning motivation; 3) Describe the application of the Al-Qur'an recitation method in PAI learning as an effort to improve student learning outcomes; This research uses a quantitative approach that uses numbers to identify problems. Data was collected through observation, interviews, documentation, tests, and distributing questionnaires. Furthermore, the data obtained through interviews, observation and documentation were interpreted with descriptive explanations, while the test results and questionnaire distribution were analyzed using the SPSS application. Based on the research results, it was concluded that: 1) The application of the Al-Qur'an Tadabur Method was carried out based on the syntax of the learning methods, namely Tilawah, Tafhim, Tadzawwuq, Tashdiq, and Tajawwub; 2) Using the Al-Qur'an Tadabur Method can be an effort to foster students' learning motivation, this is proven by the average score of 69.7 which is in the High Motivation category. 3) Using the Al-Qur'an Tadabur Method can be an effort to improve student learning outcomes, this is proven by the results of statistical analysis using the SPSS 26 application showing a significance value of 0.003 < 0.05, or H0 is rejected and H1 is accepted, which means there is increased student learning outcomes after using the Al-Qur'an recitation method; Based on the results of the research above, it is recommended that the application of the Al-Qur'an Tadabbur Method can be used as an alternative to using learning methods to solve problems that occur in the learning process, for example motivational problems, student learning outcomes, student behavior, etc.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Metode Tadabur Al-Qur'an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eneng Huzaematul Badriah |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 06:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 06:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83137 |
Actions (login required)
View Item |