Efektifitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada matematika terhadap hasil literasi numerasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian quasi eksperimen di kelas V MI Nurul Falah Cileles Jatinangor

Sahara, Siti (2023) Efektifitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada matematika terhadap hasil literasi numerasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian quasi eksperimen di kelas V MI Nurul Falah Cileles Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang berorientasi literasi numersi ketika mengikuti kegiatan AKM (Assessment Kompetensi Minimum) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran dengan melihat kemampuan awal literasi numerasi dan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) dengan yang menggunakan pembelajaran Direct Instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen (Nonequivalent pretest- posttest control grup design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian, menunjukan bahwa hasil numerasi pada kelas eksperimen melalui pretest memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 63,5 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest sebesar 52,3 hal ini menunjukan kedua kelas berada pada kategori rendah. Sedangkan dari data hasil Posttest setelah adanya perlakuan pada kelas eksperimen dengan pemberian treatment menggunakan model pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 75,8 yang mengalami peningkatan dari hasil rata-rata pretest sebelum diberikan treatment. Sedangkan pada kelas kontrol dengan tidak menggunakan model Realistik Mathematic Education diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 57,6. Sedangkan hasil data pada kegiatan pembelajaran melalui observasi siswa dan guru mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya diperoleh persentase sebesar 85% pada kegiatan guru dan 90% pada kegiatan siswa. Penggunaan model Realistik Mathematic Education memiliki perbedaan yang signifikan dengan nilai uji t sebesar 0,037 lebih kecil dari 0,05. Hal ini didukung dengan adanya peningkatan pada nilai N-gain dengan sebesar 0,33 dengan kategori tingkat sedang artinya terdapat efektivitas model pembelajaran realistik mathematic education terhadap hasil literasi numerasi siswa kelas V madrasah ibtidaiyah dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) memiliki perbedaan sebelum dan setelah adanya treatment, dengan kelas kontrol yang menggunakan model Direct instruction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; Realistic Mathematics Education; Literasi Numerasi
Subjects: Mathematics > Mathematicians
Arithmetics > Numeration Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Sahara
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:48
Last Modified: 21 Dec 2023 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83414

Actions (login required)

View Item View Item