Kajian historiografi buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara karya L.W.C. Van Den Berg (terjemahan Rahayu Hidayat) tahun 1989 bagian kedua

Nugraha, Febri (2023) Kajian historiografi buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara karya L.W.C. Van Den Berg (terjemahan Rahayu Hidayat) tahun 1989 bagian kedua. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara Karya L.W.C. van den Berg memiliki judul asli yaitu Le Hadhramout Et. Les Colonies Arabes Dans L’Archipel Indien, buku asli diterbitkan pada tahun 1886. Untuk penerjemahan ke dalam bahasa Indonesia dilakukan oleh Rahayu Hidayat, buku terjemahan ini diterbitkan pada tahun 1989 oleh INIS, penelitian ini dilakukan hanya pada bagian kedua dari buku, yaitu mengenai Orang Arab di Nusantara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana awal mula kedatangan orang Arab hadramaut ke Nusantara, biografi dan karya penulis, biografi penerjemah, deskripsi dan latar belakang penulisan buku, garis besar isi buku, metode penulisan buku, corak penulisan buku, serta perbandingan dengan buku yang diteliti dengan buku lain. Penelitian ini menjawab masalah 1) Awal Mula Kedatangan Orang Arab Hadramaut ke Nusantara serta Biografi dan Karya L.W.C van den Berg 2) Corak dan Metode Penulisan Buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara Karya L.W.C. van den Berg. 3) Analisis Perbandingan Isi Buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara Karya L.W.C. van den Berg. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam proses pengumpulan sumber, penulis melakukan pencarian secara offline dan online, dalam hal ini penulis berhasil mengumpulkan sumber berupa buku, jurnal, skripsi, surat kabar, audio visual, serta sumber website yang kredibel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Lodewijk Willem Christian van den Berg lahir di Haarlem (Belanda) pada tahun 1845. Van den Berg merupakan seorang cendekiawan yang sangat produktif, bahkan bidang yang ia dalami hampir tidak tersentuh oleh orang-orang semasanya di Belanda. L.W.C. van den Berg melakukan penelitian buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk jenis pendekatannya menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Buku Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara karya L.W.C. van den Berg ini memiliki corak Historiografi Kolonial. Untuk perbandingan buku penulis membandingkannya dengan buku Kiprah Orang Arab di Nusantara, dalam buku Kiprah Orang Arab di Nusantara penjelasannya lebih condong kepada pengaruh orang Arab di Nusantara pada berbagai hal, khususnya pengaruh Islam, sedangkan dalam buku “Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara” (bagian kedua) fokusnya lebih kepada kehidupan orang Arab Hadramaut selama tinggal di Nusantara yang menjelaskan mengenai hal baik dan buruk nya secara gamblang. Dapat disimpulkan bahwa buku ini sangat penting untuk dikaji, karena buku ini isinya sangat ilmiah. Buku ini bisa menjadi rujukan bagi yang akan meneliti mengenai seputar orang Arab di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Historiografi; L.W.C. van den Berg; Hadramaut;
Subjects: Islam > Islamic History
Person in History Biography
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Febri Nugraha
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:12
Last Modified: 27 Dec 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83515

Actions (login required)

View Item View Item