Herawati, Tati (2023) Perkembangan pendidikan dalam sistem Satu Pipa di Yayasan Al-Muhajirin Purwakarta tahun 2010-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
Abstract
Yayasan Al-Muhajirin lahir atas rasa kepekaan yang terdapat di dalam internal diri seorang K. H. Abun Bunyamin. Meskipun beliau bukan Masyarakat asli Purwakarta, akan tetapi beliau berusaha mewujudkan Impian keluarganya untuk sama-sama membangun Pondok Pesantren di Purwakarta. Penelitian ini mengangkat tema tentang perkembangan pendidikan Yayasan al-Muhajirin Purwakarta. Penelitian ini bertujuan untuk; pertama, merekontruksi gambaran umum Yayasan al-Muhajirin Purwakarta sebelum tahun 2010. Gambaran yang diuraikan terkait dengan beberapa unit kampus yang terdapat di yayasan Al-Muhajirin; kedua, merekontruksi perkembangan pendidikan dalam Sistem Satu Pipa di Yayasan Al�Muhajirin Purwakarta. Perkembangan pendidikan yang penulis teliti adalah perkembangan sistem satu pipa, pengembangan kurikulum secara umum, perkembangan sumber daya manusia, dan perkembangan prestasi. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah metode penelitian sejarah dengan melalui empat tahapan. Tahapan yang dilalui yaitu heuristik, kritik (ekstern dan intern), interpretasi, dan yang terakhir adalah penulisan atau rekontruksi sejarah (historiografi). Sumber primer dalam penelitian ini penulis kelompokan kepada tiga klasifikasi yakni tulisan, lisan dan dokumen. Begitu juga dengan sumber sekunder. Pada tahap interpretasi penulis menggunakan teori challenge and response sebagai pisau analisis pada penelitian penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan Pendidikan yang terjadi dalam Yayasan Al-Muhajirin adalah dengan adanya system 1 pipa. Dengan adanya sistem tersebut melahirkan banyak unit Lembaga di Yayasan al-Muhajirin. Mulai dari Lembaga Pendidikan formal, non-formal, TK hingga jenjang perguruan tinggi. Selain itu, setiap unit Lembaga Al-Muhajirin terdapat keunggulan tersendiri.Terdapat unit kampus yang unggul dalam kajian kitab kuning, tahfizh, Bahasa, sampai unit yang menyediakan tempat belajar untuk lansia. Sehingga Al-Muhajirin meraih penghargaan sebagai Yayasan Pendidikan Terlengkap tingkat Nasional pada tahun 2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Yayasan; Al-Muhajirin; Purwakarta |
Subjects: | Culture and Institutions > Religious Institution Educational Institutions, Schools and Their Activities Building for Educational and Research Purposes > Other Building for Educational Purposes |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Tati Herawati |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:05 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83772 |
Actions (login required)
View Item |