Pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya' dan nifaq hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari

Rahmawati, Sri (2023) Pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya' dan nifaq hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER DIGILIB.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK DIGILIB.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI DIGILIB.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I DIGILIB.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II DIGILIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III DIGILIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV DIGILIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V DIGILIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DIGILIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Al-Misbah dipelajari mata pelajaran akidah akhlak. Salah satu yang dipelajari adalah materi akhlak tercela riya dan nifaq.Tujuan mempelajari materi ini diantaranya pada aspek kognitif, peserta didik bisa mengetahui dan memahami materi akhlak tercela riya’ dan nifaq dengan baik, aspek afektif, peserta didik memiliki perasaan senang dalam menerima materi akhlak tercela riya dan nifaq, dan aspek psikomotor, peserta didik dapat menerapkan hasil pemahamannnya mengenai materi akhlak tercela riya dan nifaq dengan berperilaku ikhlas, jujur, rida dalam lingkup kehidupan sehari-hari siswa.Harapannya siswa memiliki akhlak yang terpuji baik di sekolah, di rumah, juga didalam pergaulan peserta didik, sehingga dengan akhlak terpuji yang dimiliki, Allah rida serta mencintainya begitu juga orang disekelilingnya, seperti guru, orangtua dan teman-temannya. Kerangka pemikiran pada penelitian ini menyatakan bahwa salah satu faktor akhlak dipengaruhi oleh pemahaman. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis semakin baik pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya dan nifaq, semakin baik pula akhlak siswa. Sebaliknya semakin rendah pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya dan nifaq, semakin rendah pula akhlak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan studi kepustakaan. Responden atau sampel penelitiannya adalah 60 siswa kelas VII MTs Al-Misbah cipadung. Analis datanya menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa, 1).Pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya dan nifaq berada pada kategori rendah dengan skor 56,89, 2).Akhlak siswa kelas VII MTs Al-Misbah berada pada kategori tinggi dengan skor 3,8. 3).Hubungan pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya dan nifaq dengan aklak siswa berada pada kategori rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,3. Derajat pengaruh pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya dan nifaq dengan akhlak siswa sebesar 5%. Uji hipotesis menujukkan t hitung sebesar 2,50 dan t tabel sebesar 2,01, menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. artinya, ada hubungan yang dignifikan antara pemahaman siswa pada materi akhlak tercela riya dan nifaq hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa; materi akhlak tercela riya' dan nifaq; akhlak siswa
Subjects: Ethics of Social Relations
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Sri Rahmawati
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:45
Last Modified: 04 Jan 2024 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83784

Actions (login required)

View Item View Item